Menikmati Keindahan Ikan Cupang Dan Cara Memeliharanya

0
354

Menikmati Keindahan Ikan Cupang Dan Cara Memeliharanya

Menikmati Keindahan Ikan Cupang Dan Cara Memeliharanya

Menikmati Keindahan Ikan Cupang Dan Cara Memeliharanya – Jika berbicara tentang ikan hias sudah tidak bisa dilewatkan untuk membahas tentang ikan cupang. Pasalnya ikan cupang adalah jenis ikan hias air tawar yang paling banyak peminatnya. Bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun juga sangat menyukai dan banyak yang memelihara ikan yang memiliki ukuran kecil ini.

Ikan cupang sendiri terbagi atas 3 golongan, yaitu, cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan ini memiliki sifat agresif sehingga tak sedikit juga yang menjadikan cupang sebagai ikan petarung.

Ikan cupang memang sangat mudah di pelihara. Dan mudah beradaptasi. Namun ternyata ada 7 tips merawat ikan cupang yang baik dan benar agar tumbuh cantik dan tidak cepat mati,seperti ulasan berikut ini :

  1. Pilih wadah yang sesuai karena ukurannya yang kecil, jadi lebih baik ikan cupang juga diberi wadah yang kecil. Seperti, berdiameter 20 x 15 x 15 cm. Dapat juga menambahkan ornamen batu aquarium atau tanaman sintesis agar tampak lebih indah.
  2. Penggunaan air

Ikan cupang merupakan jenis ikan dengan habitat ikan tawar. Merawat ikan cupang sangat disarankan untuk menggunakan air tawar. Bagi yang menggunakan air PAM diamkan air terlebih dahulu pada ember sebelum memasukkan ikan. Jangan menggunakan kloramin dan klorin karena berbahaya untuk ikan cupang.

 

  1. Cara Merawat Ikan Cupang Dilihat dari Volume Air

Jumlah air dalam wadah jangan terlalu penuh, sebaiknya isilah air sekitar 40% saja.Hal ini berguna untuk menghindari ikan cupang agar tidak melompat keluar.

 

  1. Perhatikan Cara Memasukkan Ikan Cupang pada Wadah Baru

Sama dengan jenis hewan peliharaan lainnya. Jangan sampai ikan cupang merasa stres saat proses pemindahan wadah. Jadi sebaiknya dilakukan dengan hati – hati. Tidak disarankan pemindahan menggunakan jaring atau tangan saat proses pemindahan. Karena dapat merusak ekor dan sirip ikan cupang. Sebaiknya gunakan saringan yang khusus agar keindahan ikan cupang tetap terjaga.

 

  1. Penggantian air dalam wadah

Proses penggantian dan Pembersihan wadah bisa dilakukan 3 hari sekali. Jangan menggunakan deterjen saat membersihkan wadah. Karena bisa meracuni ikan cupang. Cukup dengan menggunakan spon saja. Dan jangan lupa juga mencuci ornamen atau aksesoris yang di gunakan.

  1. Menjemur Cupang

Cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus adalah dengan menjemurnya . Aktivitas ini juga bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan wadahnya. Penjemuran dilakukan sesekali saja cukup dengan 15 – 30 menit pada pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Tetapi jika ikan cupang memiliki warna dominan hitam jangan lakukan Penjemuran karena akan membuat ikan cupang panik.

  1. Makanan untuk Ikan Cupang

Yang tak kalah penting adalah pemberian pakan pad akan cupang. Jenis Makanan yang baik untuk ikan cupang adalah:

  • Kutu Air

Warna ikan cupang dapat lebih cerah dan badannya tidak buncit.

  • Udang

Pemberian udang dapat dipercaya membuat warna ikan cupang jadi lebih cerah dan tajam. Pilih jenis udang kering yang dijual atau menggunakan udang hidup kecil.

  • Tanaman Spirulina

Jenis tanaman spirulina tumbuh ditempat yang cukup ekstrim dan mempunyai kandungan gizi yang baik, seimbang dan lengkap.

  • Daun Katapang dan daun Jati

Ini adalah vitamin agar ikan cupang lebih segar.

Satu lembar daun jati dapat kamu gunakan untuk merawat ikan cupang agar memiliki ekor yang bagus juga cantik.

Itulah informasi tentang ikan cupang dan juga cara pemeliharaannya yang baik benar. Meskipun memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan ikan hias yang lain, dan juga sangat mudah di dapatkan bukan berarti bagi Anda yang memilikinya bisa mengabaikan perawatan yang terbaik untuk ikan cupang ini. Karena sebaiknya kita bisa mulai bertanggung jawab atas hewan yang kita pelihara dimulai dengan cara perawatan yang benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here