Morfologi Ikan Koi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pecinta Ikan Hias

0
177

Morfologi Ikan Koi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pecinta Ikan Hias

Morfologi Ikan Koi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pecinta Ikan Hias

Morfologi Ikan Koi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pecinta Ikan Hias – Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diminati karena selain penampilannya yang indah juga beberapa orang meyakini jika ikan ini dapat membawa keberuntungan. Dengan corak dan warna yang indah ikan koi akan sangat mudah dicintai karna keindahannya. Maka tak heran ikan ini memang banyak dimiliki dan dipelihara pada rumah pribadi ataupun beberapa tempat umum seperti restoran, hotel, kantor dan beberapa tempat lainnya.

Ikan Koi sendiri merupakan jenis ikan yang berasal dari negeri tirai bambu Jepang. Disana koi banyak diartikan sebagai simbol cinta atau simbol persahabatan. Ikan Koi merupakan homofon atau dengan kata lain yang bermakna kasih sayang atau cinta. Sehingga tidak salah jika anda ingin memelihara ikan ini sebagai ikan hias di rumah anda.

Sebagai golongan ikan carp (karper) ikan koi pertama kali dikenal pada jaman Dinasti Chin tahun 265 dan 361 Masehi. Koi memang sangat terkenal dengan keindahan warnanya dan juga tingkah lakunya. Ikan Koi sendiri mulai dikembangkan di Jepang pada 200 tahun yang lalu di pegunungan Niigata oleh petani Yamakoshi.

Adapun beberapa ciri – ciri yang menerangkan tentang morfologi Ikan Koi adalah seperti berikut ini :

Dan fisik Ikan Koi memiliki bentuk tubuh seperti torpedo dan gemuk yang dilengkapi dengan alat gerak berupa sirip. Sirip-sirip yang melengkapi morfologi Ikan Koi antara lain terbagi menjadi sirip punggung, sepasang sirip dada, sirip anus, sepasang sirip perut, dan sirip ekor.

Pada bagian sirip ikan koi terbentuk dari jari – jari keras, jari-jari lunak dan juga selaput sirip yang dimana sirip ini akan berfungsi sebagai alat gerak. Untuk sirip yang terletak pada bagian punggung mempunyai 3 jari-jari keras dan 20 jari-jari lunak. Sirip perut hanya memiliki jari-jari lunak sebanyak 9 buah. Sedangkan yang terakhir adalah sirip anus yang memiliki 3 jari-jari keras dan 5 jari-jari lunak.

Ciri Morfologi ikan koi lainnya dapat dilihat pada sisi badan mulai dari pertengahan batang sampai batang ekor terdapat gurat sisi yang bermanfaat sebagai penerima getaran suara. Garis ini terbentuk dari urat – urat yang ada di sebelah dalam sisik yang membayang hingga keluar.

Pada awalnya Ikan Koi ini hanya memiliki warna tunggal yang juga mengklasifisikan jenis ikan koi yang berbeda-beda seperti berikut ini :

  • Jenis ikan koi karasugoi dan sumigoi memiliki warna hitam
  • Jenis ikan koi benigoi, higoi dan akagoi memiliki warna merah.
  • Jenis ikan shiromuji memiliki warna putih.
  • Jenis ikan Kingoi memiliki warna keemasan
  • Jenis ikan gingoi yang memiliki warna putih perak.

Yang lebih unik lagi ikan kak memiliki kelebihan dalam pendengaran dan respon yang sangat baik saat ikan ini mendengarkan suara-suara tersebut .

Beberapa ikan koi memiliki Ukuran yang dapat mencapai ukuran 50% dari panjang ukuran Ikan Koi dewasa dengan kurun waktu 24 bulan. Perkembangan pertumbuhannya ini tergantung dari besarnya media pemeliharaan.

Lebih hebatnya lagi siapa yang menyangka, bahwa rata-rata Ikan Koi memiliki masa umur yang panjang yaitu dapat bertahan hidup antara 20 sampai 30 tahun.

Itulah informasi tentang Morfologi ikan koi yang bisa Anda ketahui. Semoga dari artikel ini Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang ikan koi yang dipercaya membawa keberuntungan untuk para pemiliknya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here