Panduan Lengkap Perawatan Ikan Molly

0
213

Panduan Lengkap Perawatan Ikan Molly

Tahukah Anda bahwa ternyata ikan-ikan yang dulunya termasuk dalam genus molly atau Mollienesia, kini sudah berpindah ke Poecilia. Nah, ikan molly apakah yang paling Anda kenal?

Ada banya sekali spesies ikan molly yang sudah sangat populer seperti molly putih, molly hitam, molly sailfin, molly yucatan, sphenops, dan lain sebagainya. Beberapa jenis tersebut memang sangat populer dan banyak diminati karena harganya yang bisa dibilang murah meriah, memiliki daya tahan yang bagus, cukup bagus, dan sederhana.

Panduan Lengkap Perawatan Ikan Molly

Maka tak heran kalau ikan-ikan tersebut khususnya ikan molly hitam menjadi salah satu opsti terbaik bagi aquarit pemula. Mereka sangat mudah untuk berkembangbiak, kapasitas akuariumnya juga tidak wajib besar, dan mereka juga cenderung tidak rewel.

Habitat Ikan Molly di Alam Liar

Tempat tinggal ikan molly di alam liar sudah terdiversifikasi. Ada yang berada di air tawar, air asin, dan juga air payau dengan suhu, keasaman, serta kekerasan yang tentu berbeda-beda. Variasi ikan Poecilia mempunyai karakter morfologi yang memang berbeda-beda maka tak heran jika mereka terbiasa dengan berbagai situasi dan kondisi.

Ikan molly sailfin berasal dari perairan payau di kawasan texas, Florida, Carolina, dan Virginia. Sedangkan ikan molly sphenops banyak hidup di perairan Meksiko dan Kombia. Dan untuk ikan molly Yucatan hanya ada di semenanjung Yucatan, Meksiko.

Deskripsi Ikan Molly

Ikan molly memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Mulut ikan ini maju ke atas dan memiliki mata bulat yang agak besar. Untuk ikan molly betina memiliki ukuran yang lebih besar, kurang lebih 10 cm. Ukuran ini sudah dimiliki ikan molly sejak berumur 6 bulanan. Sedangkan untuk ikan molly jantan hanya memiliki ukuran 6 sampai 7 cm.

Memiliki sirip yang sangat cantik dengan lekuk tubuhnya yang tampil elok maskimal ketika mereka berumur kurang lebih 2 tahunan. Khusus untuk ikan molly hitam, mereka tidak mempunyai bintik-bintik sama sekali. Badanya sama seperti batu bara hitam polos.

Memelihara Ikan Molly di dalam Akuarium

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa panjang tubuh ikan molly kurang lebih 10 cm. Maka dari itu, ukuran tangki yang paling ideal sebesar 10 US gallon atau bahkan lebih, atau setidaknya sekitar 37 liter.

Akan tetapi jika mereka hidup bersama dan bergerak secara aktif maka Anda harus menyiapkan akurium yang berukuran 100 liter. Tentu tidak baik jika menempatkan ikan molly di tangki yang terlalu kecil dan cukup sesak karena mereka akan merasa sangat tidak nyaman dan gampang stress.

Temperaturnya sekitar 22 sampai 27 derajat celcius. Jangan sampai Anda melakukan penggantian temperatur ini secara mendadak. Sedangkan untuk pH nya adalah sekitar 6,7 sampai 8,5. Anda tidak perlu khawatir karena ikan molly ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang berbeda.

Selanjutnya, beberapa jenis ikan molly sudah terbiasa hidup di dalam air payau. Sehingga kami merekomendasikan untuk menaburkan garam pada air akuarium. Tetapi hal ini boleh dilakukan apabila akurium tersebut hanya dihuni oleh ikan molly.

Apabila ada spesies ikan yang lainnya, maka sebaiknya segera urungkan niat tersebut. Hal ini karena spesies ikan yang lainnya bisa saja tidak tahan terhadap air asin sehingga bisa menjadi racun baginya.

Penggantian air akurium secara sistematis akan sangat penting bagi ikan molly, karena memang mereka termasuk ikan penyuka air tawar. Setidaknya lakukan pembaruan air ini satu kali dalam waktu satu minggu sebanyak seperempat dari total kapasitas akuarium. Upaya ini dapat memastikan bahwa tempat tinggal ikan molly terbebas dari beberapa kandungan seperti senyawa nitrogen, amonia, nitrit, dan nitrat yang cukup tinggi.

Aerasi dan penyaringan air juga penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu, lebih baik Anda menanam tanaman akuatik. Ikan molly juga suka mengorek alga yang terdapat pada tanaman air.

Ikan molly biasa menghabiskan banyak waktunya pada lapisan atas dan juga tengah. Hiasan menarik seperti tanaman atau bebatuan kecil bisa juga disediakan sebagai tempat bermain ataupun berlindung. Pastikan juga Anda sudah memberikan ruang terang dan terbukan bagi ikan molly.

Teman Akuarium yang Cocok untuk Ikan Molly

Karakter ikan yang satu ini bisa damai, bisa juga sangat agresif. Selain itu mereka juga sangat aktif. Apabila kondisi akurium sebagai tempat tinggalnya cukup bagus maka mereka akan terlihat sangat tenang dan damai.

Begitu pula sebaliknya, apabila akuarium tersebut terlihat penuh sesak karena memiliki ukuran yang kecil, maka ikan molly akan menunjukkan sikap sangat agresif terhadap ikan lainnya. Suasana di dalam kolam pun akan menjadi rusuh.

Sebaiknya Anda menaruh ikan molly ini dalam bentuk kelompok karena ikan hias ini sangat suka bergerombol. Mereka pun bisa bergaul dengan baik. Bahkan agresi intaspesifif hampir tidak pernah mereka tunjukkan.

Beberaa jenis ikan hias lain yang bisa menjadi teman baik mereka adalah bristlenose, platy, gurami kerdil, cherry barb, harlequin rasbora, ikan guppy, dan white cloud mountain minnow. Pada umumnya spesies ikan molly akan lebih cocok jika berenang bersama ikan hias yang memiliki ukuran sama.

Makanan Ikan Molly

Ikan molly termasuk ikan yang termasuk omnivora. Mereka memiliki selera terhadap makanan hidup, beku, atau yang buatan. Tetapi dalam jumlah besar makanan mereka harus memiliki kandungan serat nabati yang lumayan banyak seperti sayuran. Panduan Lengkap Perawatan Ikan Molly

Alternatif lain yang dapat Anda berikan adalah potongan sayuran. Misalnya saja seperti mentimun rebus, labu, dan daun selada. Sedangkan untuk makanan hidupnya bisa berupa cacing tubifex, udang air asin, cacing darah atau bloodworm.

Jenis Kelamin

Untuk membedakan mana ikan molly jantan dan molly betina sangatlah mudah. Hal ini bisa Anda lihat dari ukurannya, ikan molly betina terlihat lebih besar dan memiliki perut yang bulat. Sedangkan ikan molly jantan mempunyai gonopodium (semacam sirip dubur) yang terlihat seperti tabung. Sedangkan bentuk siri buruk ikan molly betina nampak berbeda, yaitu segitiga.

Pembiakan

Sama seperti ikan guppy, ikan molly tidak membutuhkan perlakuan secara khusus saat proses pemijahan. Bahkan ikan molly hitam tidak membutuhkan kondisi yang khusus untuk kawin. Anda hanya tinggal menempatkan ikan molly betina dan jantan dalam sebuah akuarium

Molly jantan biasanya akan menggunakan gonopodiumnya, lalu ia akan mengkaitkan sejenis kail supaya pada masa fertilisasi nantinya mereka bisa tetap dekat. Pembuahan ini kemungkinan besar selalu berhasil. Ikan molly betina sendiri bisa reproduktif pada umur 6 bulan, sedangkan molly jantan pada usia 12 bulan.

Apabila keadaanya mendukung maka mereka bisa produktif dengan sendirinya. Betina akan membawa telur-telur tersebut kurang lebih 45 harian. Biasanya pemijahan akan terjadi pada pagi hari. Panduan Lengkap Perawatan Ikan Molly

Betina pun akan mengelurakan ratusan telur sekaligus. Setelah itu mereka akan tinggal pada dedaunan tanaman akurium atau pada bagian bawah. Saat melewati tahap telur, bayi bayi ikan molly akan menetas secara sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here