Panduan mencerahkan Sisik Ikan Arwana Super Red (Ikan Naga)

0
582

Panduan mencerahkan Sisik Ikan Arwana Super Red (Ikan Naga)

Panduan mencerahkan Sisik Ikan Arwana Super Red (Ikan Naga) – Ikan Arwana atau Scleropages formosus merupakan salah satu ikan hias yang paling populer di seluruh dunia. Sudah sejak lama ikan arwana ini dikenal sebagai salah satu ikan hias yang banyak diminati di Indonesia ataupun di luar negeri.

Tren ikan hias ini pun semakin mengalami peningkatan sehingga kehidupannya turut berubah. Semakin meningkatnya tren tersebut membuat ikan hias ini lebih banyak dipelihara di akuarium dan sangat sulit ditemukan pada habitat aslinya.

Ikan hias yang satu ini memiliki nilai ekonomis tinggi karena mempunyai bentuk tubuh yang sangat indah dengan corak warna spesifik. Ciri khas ikan ini yaitu memiliki bentuk tubuh yang memanjang, ramping dan mempunyai gerakan renang yang anggun. Memiliki warna merah, pada bagian bawah bibirnya ada dua buah sungut yang memiliki fungsi sebagai sensor getar untuk dapat mengetahui posisi mangsa pada permukaan air.

Berikut ini adalah cara untuk mencerahkan sisik ikan arwana super red:

Persyaratan Budidaya Ikan Arwana Super Red

Untuk mencerahkan sisik ikan arwana ini maka jenis tanah yang pas dan cocok untuk digunakan dalam pembudidayaan adalah tanah liat berlempung. Hal ini karena jenis tanah ini mampu untuk menahan air. Harus Anda perhatikan kemiringan kolam untuk dapat meminimalisir penumpukan kotoran yakni maksimal 1%.

Sumber air yang digunakan dalam pembudidayaan harus dapat memenuhi standar hidup ikan baik itu dari segi kualitas, kuantitas ataupun kontinyuitas. Sedangkan ukuran yang paling idealah adalah memiliki bentuk persegi panjang dengan ukura 10x10m2.

Persiapan Kolam Tanah

Persiapan disini mulai dari pengeringan kolam sampai dasarnya retak-retak, melakukan pencangkulan, perbaikan pematang dan dinding kolam ikan diperkeras dengan cara memukul-mukulnya menggunakan balok kayu yang agak keras dan padat agar tidak mengalami kebocoran, pengapuran dengan dosis sekitar 50 sampai 1000 gram per m2 dan untuk pengisian air setinggi 100 cm.

Persiapan Akuarium

Hindari terjadinya perubahan suhu secara mendadak karena bisa membuat ikan menjadi shock dan bahkan stress. Penting sekali untuk memperhatikan fluktuasi suhu dalam akuarium. Jika ikan dalam kondisi dalam suhu tinggi yang sangat lama maka bisa membuat tutup insang menggulung.

Insan yang menggulung sudah pasti akan berdampak pada nilai estetikan ikan arwarna. Untuk melakukan pencegahan, sebaiknya ikan arwana ini dipelihara tanpa terkena cahaya matahari secara langsung dengan Ph 6 sampai 7 dan dengan suhu 26 sampai 30 derajat celcius.

Pakan Ikan Arwana

Ikan arwana sangat menyukai pakan hidup seperti udang hidup, ikan hidup, potongan daging ikan segar, potongan daging segar, jangkrik, kecoa, kelangan, cacing sutera, cacing darah, cacing tanah, kodok dan pakan hidup lainnya.

Sebelum memberikan pakan hidup ini maka harus dilakukan pencegahan terlebih dahulu untuk dapat menghindari masuknya bibit penyakit. Pakan hidup yang harus diwaspadai adalah pakan yang hidup di ari seperti udang hidup, ikan dan kodok.

Pemeliharaan Ikan Arwana

Karena merupakan ikan karnivora, maka arwana akan mengeluarkan kotorannya dalam jumlah yang sangat banyak dengan kandungan senyawa nitrogen tinggi. Maka dari itu, kadar amonia, nitrat, dan nitrit dalam akuarium sering menjadi amsalah.

Pernggantian air harus dilakukan karena untuk memperbaiki kualitas air yang sudah menurun karena banyaknya kotoran ikan. Penggantian air ini bisa dilakukan dalam waktu 2 atau 4 minggu sekali dan tidak perlu untuk mengganti seluruh airnya, cukup 30 sampai 50% dari total air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here