Pengertian Dan Ciri – Ciri Ikan Botia

0
216

Pengertian Dan Ciri – Ciri Ikan Botia

Pengertian Dan Ciri – Ciri Ikan Botia

Pengertian Dan Ciri – Ciri Ikan Botia – Ikan botia merupakan jenis ikan hias yang memilki warna yang cenderung unik, Ikan Botia di Indonesia juga sering disebut dengan Ikan Badut, karena ikan ini memiliki corak yang lucu dan unik. Ikan botia sendiri saat ini sangat banyak diminati oleh para pecinta aquascape karena ikan satu ini memiliki tubuh yang mungil serta cantik cantik.

Peter Bleeker menyebutkan bahwa ikan botia ini pertama kalinya ditemukan pada tahun 1852 dan mengklasifikasikan ikan kedalam keluarga Loach. Dimana Peter Bleeker ini merupakan Pakar iktiologi yang sekaligus juga menjadi seorang dokter berasal dari Belanda. Kemudian pada tahun 2004, Maurice Kottelat yang merupakan ahli iktiologi dari Swiss, membuat perubahan baru bahwasanya ikan botia badut ini telah terpisah dari keluarga loach dan diberi nama latin yaitu Chromobotia Macracanthus.

Asal dari Ikan Botia Badut sendiri yaitu dari Borneo, Sumatra, Kalimantan, dan Malaysia. Ikan Botia Badut ini biasanya suka menghuni aliran – aliran sungai, namun pada musim hujan dan musim pemijahan, ikan botia ini biasanya akan bermigrasi atau berpindah tempat ke hulu dan akan menetap pada aliran anak sungai yang ukurannya lebih kecil. Ikan Botia Badut sendiri biasanya hidup di aliran air yang tenang dan juga dipenuhi oleh tumbuhan yang tebal sebagai tempat bernaungnya.

Ikan Botia Badut ini memiliki ukuran maksimal sekitar 30 cm. Namun pada habitat liarnya, ikan botia badut terbesar sudah pernah ditemukan dengan panjang bisa mencapai 40 cm dengan perkiraan umur sekitar 20 tahun.

Ciri-Ciri Ikan Botia

  1. Ikan botia badut juga memiliki empat pasang barbels atau bentuknya semacam kumis seperti ikan lele.
  2. Jenis Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang relatif bulat, memanjang, serta juga memiliki warna tubuh yang cerah.
  3. Ikan Botia sendiri merupakan jenis ikan hias yang lebih suka hidup dengan cara berkolompok. Berenang kesana kemari secara bersama – sama. Jadi akan terlihat lebih kompak dan lucu.
  4. Ikan ini biasanya juga akan menggesekkan bagian badannya ke sesamanya, berenang secara bersama – sama, serta meregangkan siripnya.
  5. kondisi ikan botia badut ini ketika berada dalam sebuah kelompok, maka ikan Botia ini akan lebih merasa nyaman, aman dan dapat terhindar dari stres.
  6. Ikan botia memiliki ciri khusus yaitu kumis pada kepalanya, Namun kumis ikan tersebut memiliki fungsi yang sangat besar baginya, karena berguna untuk mencari makanan di air dengan kondisi air berlumpur.

JENIS JENIS IKAN BOTIA

Ikan botia yang lucu dan unik ini ternyata memiliki beberapa jenis, tak banyak orang ketahui ikan botia memilki jenis yang tidak kalah lucu dan uniknya, berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis ikan boti, diantaranya adalah :

1. Clown Loach Botia

2. Botia Myanmar

3. Botia Macan

4. Bengal Botia

5. Zebra Botia

6. Yoyo Botia

7. Morleti Botia

8. Dwarf Botia

9. Blue Botia

 

Nah itu tadi beberapa jenis ikan botia badut dari beberapa wilayah negara didunia, dengan berbagai macam jenisnya, maka ikan botia ini bisa dibedakan jenis – jenisnya dari motif, warna pada ikan botia itu sendiri,sehingga bagi anda pecinta ikan hias, anda wajib memilki beberapa jenis dari ikan botia itu sendiri, karena selain lucu dan menggemaskan, namun ikan botia ini juga memilki corak yang unik atau beda dengan ikan hias lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here