Penyakit Aeromonas Hydrophila Pada Ikan Koi

Aeromonas hydrophila

Zonaikan.com – Penyakit Aeromonas Hydrophila Pada Ikan Koi, menjalankan bisnis budidaya ikan koi bisa dibilang cukup mudah. Hal penting yang harus diketahui dalam melakukan budidaya ikan koi adalah mengetahui bagaimana cara memberikan pakan. Selain itu, Anda juga harus benar-benar paham mengenai penyakit yang biasa menyerang ikan koi dan apa sajakah penyebabnya.

Pada umumnya, banyak sekali jenis penyakit yang menyerang ikan koi. Namun dari sekian banyaknya penyakit tersebut, yang paling membahayakan dan sering menyerang koi adalah Aeromonas Hydrophila.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang penyakit Aeromonas Hydrophila yang biasa menyerang ikan koi. Kami juga akan memberikan beberapa tips bagaimana cara mengobati penyakit tersebut supaya nantinya tidak semakin parah.

Ikan Koi

Dengan adanya pembahasan ini maka diharapkan ikan koi yang Anda budidayakan bisa sembuh dan beraktifitas seperti sedia kala. Mari langsung saja simak ulasan di bawah ini!
Penyebab Munculnya Penyakit Aeromonas Hydrophila yang Menyerang Ikan Koi
Perlu diketahui bahwa sebagian besar penyakit yang menyerang ikan koi umumnya disebabkan oleh kondisi air kolam yang kotor atau tidak menyehatkan. Air yang kotor tersebut jika dibiarkan begitu saja maka semakin lama akan membahayakan ikan dalam kolam.

Biasanya air yang kotor pada kolam ikan koi disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya adalah sisa-sisa makanan ikan koi, feses ikan koi, dan juga lendir ikan koi yang sudah melebihi ambang batas.

Apabila ikan koi sudah bertambah semakin dewasa dan tua, maka akan semakin banyak menghasilkan feses dan mucus. Maka dari itu, pembersihan kolam budidaya sangat penting untuk dilakukan.

Kolam budidaya jika tidak dibersihkan secara rutin maka kualitas air akan berubah menjadi keruh. Jika sudah keruh maka mucullah gejala penyakit berbahaya seperti Aeromonas Hydrophila yang menyerang ikan koi. Berikut ini adalah gejala bahwa ikan koi Anda terserang penyakit Aeromonas Hydrophila:

• Pada awal gejala ikan koi akan sering berdiam dan sangat malas untuk bergerak meskipun masih mempunyai nafsu makan yang terbilang cukup baik.
  • Biasanya ikan akan berdiam didasar kolam budidaya kemudian menyendiri dengan memisahkan diri dari gerombolan.
  • Tubuh ikan koi akan memproduksi lendir atau mucus secara berlebih sehingga nantinya memiliki warna yang cenderung agak kusam.

Jika Anda merupakan pendiri usaha budidaya ikan hias koi, maka Anda harus mengetahui serta mengenali tentang gejala penyakit yang menyerang ikan kot, termasuk penyakit

Aeromonas Hydrophila

Aeromonas hydrophila

Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui karena sudah menjadi langkah pencegahan supaya ikan koi lain yang Anda budidaya nantinya tidak ikut tertular penyakit berbahaya tersebut.

Ikan hias koi yang sudah terserang penyakit Aeromonas Hydrophila ini maka nantinya akan mengalami gejala lebih lanjut, seperti misalnya kehilangan nafsu makan, tumbulnya warna merah di area lembar sirip serta pangkal sirip. Bahkan lebih parahnya lagi juga disertai pembengkakan. Pembengkakan biasanya terjadi pada perut ikan koi bagian bawah.

Jika gejala lanjut tersebut masih belum bisa ditangani dengan baik maka akan timbul gejala akut yang sangat membahayakan, seperti:

• Ikan mengalami kesulitan untuk bernafas sehingga ikan tersebut akan lebih sering berdiam diri di bawah pancuran
  • Pada kondisi tertentu ikan koi sering melakukan gerakan yang sangat tidak terkontrol seperti kejang-kejang
  • Ikan mengalami cacat permanen

Cara Menangani Penyakit Aeromonas Hydrophila yang Menyerang Ikan Koi

Aeromonas hydrophila Ikan Koi

Untuk menangani penyakit Aeromonas Hydrophila yang sudah menyerang ikan koi maka dibutuhkan perlakuan secara khusus. Disini kami akan menjelaskan bagaimana solusi yang tepat untuk penanganannya. Berikut ini adalah beberapa penanganan yang harus dilakukan supaya ikan koi yang sedang sakit tidak cepat mati:

• Memisahkan ikan koi yang sudah terserang penyakit Aeromonas Hydrophila di kolam yang berbeda. Hal ini bertujuan supaya ikan koi yang masih sehat nantinya tidak akan tertular.
  • Anda harus pastikan bahwa kolam isolasi ikan hias koi tersebut mempunyai suhu yang stabil.
  • Selanjutnya berikan oksigen yang cukup (aerasi) dengan cara menggunakan pompa udara.
  • Penanganan berikutnya adalah dengan menurunkan porsi makan ikan koi yang sedang sakit. Sebab, ikan koi yang terjangkit penyakit maka nafsu makannya akan menjadi berkurang, jika terus dibiarkan maka kolam tersebut semakin lama akan kotor dengan banyaknya sisa-sisa makanan.
  • Memberikan obat khusus yang pastinya sesuai dengan penyakit ikan hias koi tersebut.
    Mengobati Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Hias Koi