Penyebab Air Kolam Ikan Koi Berbusa Dan Cara Mencegah Serta Mengatasinya                                                                                                                                                      

Penyebab Air Kolam Ikan Koi Berbusa – Memiliki hobi memelihara ikan koi adalah suatu usaha untuk memperindah lingkungan disekitar rumah. Warna dan corak yang menarik dari ikan koi bisa menambah keindahan tersendiri. Membuat lingkungan disekitarnya terasa lebih hidup. Namun selama melakukan pemeliharaan dan perawatan pada ikan koi akan sering muncul berbagai kendala atau munculnya beberapa permasalahan yang salah satunya adalah kondisi kolam ikan koi yang berbusa. Untuk menghindari dan mengatasi hal tersebut kami akan memberikan informasinya dibawah ini :

  1. Pertanda air kolam tercemar

Munculnya busa dalam kolam ikan menjukan bahwa terjadi pencemaran pada kolam ikan. Hal ini bisa sangat berbahaya bagi kehidupan ikan koi. Penyebab pencemaran kolam sangat beragam, bisa juga dari cairan asing seperti deterjen misalnya yang tidak sengaja tercampur dalam kolam

Untuk mengatasinya Anda harus mulai mengosongkan air dalam kolam, dan melakukan pengisian air kembali. Pastikan tidak ada sisa deterjen atau zat asing lainnya sebelum melakukan pengisian air kembali.

  1. Kolam memiliki kadar DOC yang tinghi

Kadar DOC atau Dissolved Organic Compound adalah sisa pakan yang tidak habis di makan oleh ikan koi yang bercampur dengan kotoran atau urin ikan koi. Sehingga muncul ah busa yang bisa mencemari kolam ikan koi.

Penyebab Air Kolam Ikan Koi Berbusa

Langkah untuk menurunkan kadar DOC dalam air kolam ya itu dengan memasang protein skimmer, menggunakan filter kolam, dan melakukan penggantian air kolam secara berkala.

  1. Kandungan CO² yang tinggi

Kadar Karbondioksida (CO²) yang tinggi adalah penyebab lain munculnya busa dalam kolam ikan koi. Peningkatan CO² ini bisa disebabkan karena adanya kematian olankton dalam kolam yang terlalu banyak. Kandungan CO² yang tinggi tidak hanya menimbulkan air berbusa saja, tetapi akan merubahwarna air menjadi keruh dan pekat. Sehingga bisa menyebabkan kematian pada ikan koi karena pencemaran tersebut.

Untuk itu penting bagi Anda u tuk memasang filter udara pada kolam ikan koi Anda. Selain itu And ajuga harus melakukan pembersihan kolam beserta penggantian air kolam secara berkala.

  1. Adanya fenomena ledakan Alga.

Fenemone ledakan Alga bisa menjadi pemicu munculnya busa dalam kolam. Pada saat awal pembuatan kolam, fenomena ledakan Alga ini akan sering munculakibat adanya pemupukan yang berlebihan. Sehingga Alga tumbuh secara tidak terkendali dan bisa memenuhi seluruh kolam yang menyebabkan kondisi air kolam menjadi berbusa. U tuk menghindari hal ini maka lakukan pemupukan kolam sesuai dosis dan tidak berlebihan.

  1. Proses penyebaran garam yang berlebih

Pemberian garam memang memiliki berbagai manfaat yang baik untuk habitat dan kesehatan ikan koi. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan peningkatan kadar O² (oksigen) dalam air kolam, yang menyebabkan munculnya busa dalam kolam. Untuk menghindari itu, sebaiknya Anda melakukan pengaraman sesekali saja, dengan takaran yang juga tidak terlalu banyak.

Dalam perawatan kolam ikan koi, Anda perlu mengetahui cara untuk menjaga air kolam selalu dalam keadaan jernih dan bersih. Sebab kolam ikan merupakan tempat tinggal ikan melangsungkan hidupnya. Disana ikan tumbuh dan berkembang biak. Maka selain memperhatikan kondisi ikan Anda juga harus memperhatikan habitat tempat ikan tinggal. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kolam dan menghindarkan dari berbagai masalah seperti diatas.

  • Memasang filter untuk kolam ikan

baik kolam renang ataupun kolam ikan koi sekalipun yang tidak menggunakan filter air didalam kolam akan cenderung mengalami kondisi air kolam yang cepat keruh dan kotor. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam pemasangan filter. Pasalnya banyak kejadian adanya filter yang sudah dipasang, tetapi kondisi air tetap sering keruh. Hal ini disebabkan filter air kolam yang digunakan bukan filter air yang berstandart baik dan tidak sesuai dengan kapasitas kolam. Untuk itu memilih filter yang memiliki daya yang sesuai dengan kapasitas kolam perlu diperhatikan. Dan saat pemasangan filter juga harus sesuai dengan kebutuhan kolam, untuk itu penting memahami buku petunjuk pemasangan filter sebelum memasangnya.

  • Memberikan pakan sesuai kebutuhan ikan

Hal ini bisa disebabkan kurangnya pengetahuan pemilik terhadap takaran pemberian makan yang pas untuk ikan koi. Bahkan para pemilik ikan koi pemula cenderung memiliki ketakutan jika ikan koi sampai kekurangan makanan. Sehingga pemilik tersebut akan terus memberi makanan tanpa memperhitungkan jumlah takaran atau jadwal makan ikan koi.

Padahal tanpa disengaja pemberian makanan yang berlebih bisa mengancam habitat ikan koi. Air kolam atau aquarium akan mudah Tercemar sisa kotoran dan zat amoniac sia dari makanan yang tidak dimakan oleh ikan koi. Sehingga akan terjadi pencemaran yang menyebabkan kematian pada ikan koi.

  • Membersihkan sisa kotoran ikan koi

pembersihan kolam memang sangat dibutuhkan dengan cara mengambil sisa kotoran ikan dan sisa makanan ataupun. Sampah yang secara tidak sengaja masuk kedalam kolam adalah salah satu usaha yang baik untuk menjaga kebersihan kolam. Karena berbagai jenis sampah, atau kotoran yang masuk kedalam air baik sengaja ataupun tidak dapat menimbulkan pencemaran dalam kolam. Oleh karena itu Anda perlu melakukan pengecekan dan respon yang tepat ketika melihat ada kotoran yang masuk dalam kolam ikan koi.

  • Mengganti air kolam secara berkala

setelah membersihkan kolam Anda juga harus sering melakukan penggantian air dalam kolam. Mungkin air kolam masih terlihat dalam kondisi yang bersih secara kasar mata. Tetapi sebenarnya kita tidak tahu apakah air tersebut memiliki PH atau suhu yang stabil untuk kebutuhan ikan koi. Bahkan bisa saja didalam kolam sudah mulai tumbuh virus, bakteri, atau mikroirganisme yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Sehingga penggantian air kolam sangat dibutuhkan untuk menghindari kondisi – Kondisi tersebut. Sehi gga air tidak hanya terlihat bersih dari luar, tetapi juga sehat dari dalam kandungan airnya.

  • Memelihara binatang pembersih

dengan memelihara binatang pembersih seperti ikan sapu – sapu akan sangat membantu Anda H tuk menjaga kebersihan kolam. Karena ikan sapu – sapu ini bisa memakan beberapa mikroirganisme ataupun tanaman lumut yang bisa sajahidup didalam kolam. Sehingga Anda bisa sangat terbantu dengan adanya ikan pembersih ini. Terdapat beberapa jenis ikan pembersih air lagi yang dapat Anda pilih seperti Chinese Alga Eater, Siamese Alga Eater, Otocynlus afinis, Homaloptera orthogoniata, Cory doras, Hypostomus placetomus dan sebagainya.

Menjaga agar kolam ikan koi Anda selalu dalam keadaan bersih dan stabil tergantung pada ketekunan Anda dalam melakukan perawatan. Jangan pernah mengabaikan atau lalai terhadap beberapa kondisi yang kami jelaskan diatas. Karena kondisi air kolam sangat berpengaruh penting bagi kehidupan ika koi. Proses pertumbuhan dan perkembanbiakan ikan akan terjadi disana. Jadi mulai sekarang Anda harus bisa lebih memperdulikan bukan hanya kondisi ikan koi saja, tetapi juga kondisi habitat ikan koi Anda. Demikian informasi yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga bisa membawa manfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here