Perbedaan Ikan Platy dan Molly

0
272
ikan platy dan ikan molly

Zonaikan.com – Perbedaan Ikan Platy dan Molly Sekarang ini ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa kita pilih untuk dibudidayakan. Namun yang paling digemari dan banyak diburu oleh penggemar ikan hias adalah ikan platy dan molly. Hal ini karena karakteristik yang dimilikinya yang terlihat sangat kecil dan mungil.

Bagi anda yang masih belum begitu mengenal dunia ikan hias pastinya akan sangit asing dengan ikan hias yang satu ini. Namun jika anda sudah lama mengenal dunia ikan, tentu sangat akrab dengan ikan platy dan molly ini.

Diantara keduanya, ikan molly jauh lebih populer dan banyak diminati dibandingkan ikan platy. Meskipun tingkat kepopulerannya bisa dibilang sangat signifikan. Namun ternyata masih banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan kedua jenis ikan hias tersebut. Ini karena kedua jenis ikan hias tersebut mempunyai bentuk tubuh yang terlihat sangat mirip.

Nah, jika anda masih mengalami kebingungan untuk membedakan antara ikan platy dan ikan molly maka anda tidak perlu bingung lagi. Kami disini akan membahas secara lebih detail mengenai perbedaan kedua jenis ikan hias tersebut.

Cara Membedakan Ikan Molly dengan Ikan Platy

Cara Membedakan Ikan Molly dengan Ikan Platy

1. Berdasarkan Ekor Ikan

Perbedaan antara ikan molly dan ikan platy ini bisa dilihat dengan mudah melalui bentuk ekornya. Ikan platy mempunyai bentuk ekor yang lebih pendek dan bagian sirip ekornya terlihat lurus.

Sedangkan ikan molly memiliki bentuk ekor yang meruncing di bagian ujungnya, dimana hal ini bisa dilihat dengan jelas pada ikan molly jantan. Untuk cara yang pertama ini kami rasa sangat mudah membedakannya, tetapi jika masih kurang yakin maka kita bisa lanjut ke nomor dua.

2. Bentuk Tubuh

Cara kedua ini juga mudah untuk dilakukan, yakni dengan melihat dengan jelas postur tubuh dari kedua ikan tersebut. Keduanya memang mempunyai bentuk tubuh yang terlihat sangat mirip, tetapi jika anda amati secara lebih detail lagi maka akan sangat mudah bagi anda untuk membedakannya.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina

Dalam hal ini ikan hias platy mempunyai bentuk tubuh yang terlihat lebih ramping dan memanjang mulai dari bagian ujung kepala sampai dengan ujung ekornya. Sedangkan ikan molly mempunyai bentuk tubuh yang terlihat lebih gemuk daripada ikan platy.

3. Berdasarkan Harga

Selain dari bentuk fisik, kedua jenis ikan hias ini bisa dibedakan dengan mudah berdasarkan harga jualnya di pasaran. Harga ikan molly dan platy di pasaran memang bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk membedakan keduanya.

Dilihat secara harga keduanya memang masih berada di angka yang sama, tetapi di pasaran ikan molly yang memiliki kualitas unggulan harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan platy dengan kualitas unggulan juga.

Meski demikian, sebenarnya masih ada banyak sekali faktor lain yang dapat mempengaruhi harga kedua ikan hias ini. Ini tergantung dari jenis ikan yang tersedia dan faktor stok juga dapat mempengaruhi. Akan tetapi, perbedaan ikan platy dan molly yang paling jelas bisa dilihat dari bagian tubuhnya.

Baca Juga : Jenis dan Harga Ikan Platy

Setelah anda mengetahui perbedaan antara ikan hias molly dan platy tentunya anda sekarang penasaran bagaimana cara membedakan antara ikan penjantan dan ikan betina diantara kedua jenis ikan hias tersebut. Untuk penjelasan selanjutnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Antara Ikan Hias Platy Jantan dengan Betina

Ikan platy jantan memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih ramping dan indah. Warnanya juga lebih cerah jika dibandingkan dengan ikan platy betina.

Ikan Platy Jantan BetinaBentuk ekor yang dimiliki oleh ikan platy pejantan jauh lebih panjang dan lancip. Hal ini tentu berbeda jauh dengan ikan platy betina yang mempunyai ekor lebih pendek dan tidak begitu lancip.

Perbedaan Antara Ikan Hias Molly Jantan dengan Betina

Cara membedakannya juga sangat mudah, anda bisa mengamati secara detail dari bentuk fisiknya. Untuk ikan molly pejantan mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ikan molly betina.

Baca Juga : Mengenal Ikan Molly Balon

Dilihat dari segi warna, ikan molly jantan mempunyai warna yang jauh lebih cerah. Bahkan juga terlihat lebih mencolok jika dibandingkan dengan ikan hias molly betina yang tidak begitu mencolok.

Ikan Molly Jantan BetinaNamun perbedaan yang terlihat sangat jelas bisa dilihat dari bagian ekor ikan hias molly. Ikan molly dengan jenis kelamin jantan pada bagian belakang sirip ekornya mempunyai benjolan, sedangkan ikan hias platy betina tidak memiliki benjolan sama sekali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini, mengenai cara membedakan antara ikan platy dan ikan molly dengan mudah. Bagaimana ? Ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan bukan? Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here