Tips Agar Ikan Koi Tidak Mudah Mati Dan Berumur Panjang

0
384

Tips Agar Ikan Koi Tidak Mudah Mati Dan Berumur Panjang

Tips Agar Ikan Koi Tidak Mudah Mati Dan Berumur Panjang

Tips Agar Ikan Koi Tidak Mudah Mati Dan Berumur Panjang – Ikan koi adalah jenis ikan yang paling digemari sebagai ikan hias yang memiliki nilai keberuntungan bagi siapa saja yang berminat memeliharanya. Hobi ini sudah berlangsung lama dan masih terus berlangsung sampai saat ini. Banyak yang masih percaya bahwa ikan koi bisa mendatangkan hoki atau rejeki. Tetapi ada juga yang memelihara ikan koi karena keindahan dari corak, warna yang cerah dan terlihat serasi. Ikan koi banyak ditempatkan baik dikolam ataupun aquarium sesuai dengan kebutuhan anda. Tetapi banyak yang kurang mengetahui bahwa ada beberapa masalah yang dapat mengancam kelangsungan hidup ikan koi. Bahkan ada pula yang tiba-tiba mati mendadak. Berikut ini beberapa tips untuk menghindarkan kematian mendadak pada ikan koi dan cara mengatasinya :

  1. Pemberian makanan secukupnya

Kondisi pertama ini sering diabaikan oleh pemilik ikan koi. Padahal sudah banyak terjadi dan berakibat buruk kepada ikan koi yang dipelihara. Hal ini bisa disebabkan kurangnya pengetahuan pemilik terhadap takaran pemberian makan yang pas untuk ikan koi. Bahkan para pemilik ikan koi pemula cenderung memiliki ketakutan jika ikan koi sampai kekurangan makanan. Sehingga pemilik tersebut akan terus memberi makanan tanpa memperhitungkan jumlah takaran atau jadwal makan ikan koi.

Padahal tanpa disengaja pemberian makanan yang berlebih bisa mengancam habitat ikan koi. Air kolam atau aquarium akan mudah tercemar sisa kotoran dan zat amoniac sia dari makanan yang tidak dimakan oleh ikan koi. Sehingga akan terjadi pencemaran yang menyebabkan kematian pada ikan koi.

 

  1. Membuat kolam atau aquarium dengan ukuran yang lebih besar

Masalah lain yang bisa timbul bisa disebabkan karena ruang pada kolam atau aquarium yang terlalu sempit. Ikan koi memiliki fisik yang cukup besar dibandingkan dengan jenis ikan hias lain. Oleh karena itu memperhitungkan ruang gerak untuk ikan koi sangatlah penting. Ini yang menyebabkan banyak yang lebih memilih kolam sebagai media tempat tinggal untuk ikan koi, dibandingkan dengan menggunakan aquarium. Selain besarnya ukuran tempat tinggal, anda juga harus memperhitungkan jumlah ikan yang ada dalam wadah yang sama. Pastikan kapasitas bisa memenuhi syarat agar ikan koi bisa beraktivitas secara normal dan tidak merasa sempit.

  1. Menjaga kebersihan kolam

Setelah memastikan kondisi pakan dan tempat tinggal yang sesuai, anda juga harus melakukan perawatan yang baik terhadap kebersihan tempat tinggal ikan koi. Baik di aquarium ataupun di kolam. Lakukan pembersihan secara rutin dan penggantian air dalam kolam atau aquarium. Jika perlu buatlah jadwal rutin untuk pembersihan kolam.

  1. Menjaga kondisi air agar tetap stabil

Air adalah faktor utama ikan bisa bergantung hidup. Kondisi air yang tidak ideal karena adanya campuran kandungan kalori, amoniac dan zat berbahaya lainnya bisa mengganggu stabilitas air. Kondisi air dengan ph yang tinggi, dan suhu air yang terlalu rendah juga bisa meningkatkan tingginya resiko kematian kepada ikan koi. Untuk itu lakukan kontrol kandungan air secara rutin untuk memastikan bahwa air dalam kondisi yang stabil.

  1. Menghindarkan dari serangan Penyakit

Seperti yang kita ketahui ikan koi juga bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri sehingga bisa terancam resiko kematian yang tinggi. Pemberian nutrisi pada ikan koi dianjurkan agar ikan koi memiliki imun yang baik. Dan jika di temui beberapa gejala pada ikan koi maka segera lakukan tindakan yang tepat agar tidak menyebar dan menyebabkan kematian pada ikan koi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Semiga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here