Tips Jitu Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

0
34
Kumpay Koi

Tips Jitu Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

Tips Jitu Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

Tips Jitu Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi – Memiliki hobi memelihara ikan koi adalah suatu usaha untuk memperindah lingkungan disekitar rumah. Warna dan corak yang menarik dari ikan koi bisa menambah keindahan tersendiri. Membuat lingkungan disekitarnya terasa lebih hidup. Namun selama melakukan pemeliharaan dan perawatan pada ikan koi akan sering muncul berbagai kendala atau munculnya beberapa permasalahan yang salah satunya adalah kondisi kolam ikan koi yang berbusa. Hal ini biasanya disebabkan oleh sisa pemberian pakan yang tidak habis, penyebaran garam dalam kolam yang berlebih, dan kandungan CO2 yang tinggi. Untuk menghindari dan mengatasi hal tersebut kami akan memberikan tips yang bisa Anda gunakan seperri dibawah ini :

  1. Memasang filter untuk kolam ikan

baik kolam renang ataupun kolam ikan koi sekalipun yang tidak menggunakan filter air didalam kolam akan cenderung mengalami kondisi air kolam yang cepat keruh dan kotor. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam pemasangan filter. Pasalnya banyak kejadian adanya filter yang sudah dipasang, tetapi kondisi air tetap sering keruh. Hal ini disebabkan filter air kolam yang digunakan bukan filter air yang berstandart baik dan tidak sesuai dengan kapasitas kolam. Untuk itu memilih filter yang memiliki daya yang sesuai dengan kapasitas kolam perlu diperhatikan. Dan saat pemasangan filter juga harus sesuai dengan kebutuhan kolam, untuk itu penting memahami buku petunjuk pemasangan filter sebelum memasangnya.

 

  1. Memberikan pakan sesuai kebutuhan ikan

Hal ini bisa disebabkan kurangnya pengetahuan pemilik terhadap takaran pemberian makan yang pas untuk ikan koi. Bahkan para pemilik ikan koi pemula cenderung memiliki ketakutan jika ikan koi sampai kekurangan makanan. Sehingga pemilik tersebut akan terus memberi makanan tanpa memperhitungkan jumlah takaran atau jadwal makan ikan koi.

Padahal tanpa disengaja pemberian makanan yang berlebih bisa mengancam habitat ikan koi. Air kolam atau aquarium akan mudah Tercemar sisa kotoran dan zat amoniac sia dari makanan yang tidak dimakan oleh ikan koi. Sehingga akan terjadi pencemaran yang menyebabkan kematian pada ikan koi.

 

  1. Membersihkan sisa kotoran ikan koi

pembersihan kolam memang sangat dibutuhkan dengan cara mengambil sisa kotoran ikan dan sisa makanan ataupun. Sampah yang secara tidak sengaja masuk kedalam kolam adalah salah satu usaha yang baik untuk menjaga kebersihan kolam. Karena berbagai jenis sampah, atau kotoran yang masuk kedalam air baik sengaja ataupun tidak dapat menimbulkan pencemaran dalam kolam. Oleh karena itu Anda perlu melakukan pengecekan dan respon yang tepat ketika melihat ada kotoran yang masuk dalam kolam ikan koi.

 

  1. Mengganti air kolam secara berkala

setelah membersihkan kolam Anda juga harus sering melakukan penggantian air dalam kolam. Mungkin air kolam masih terlihat dalam kondisi yang bersih secara kasar mata. Tetapi sebenarnya kita tidak tahu apakah air tersebut memiliki PH atau suhu yang stabil untuk kebutuhan ikan koi. Bahkan bisa saja didalam kolam sudah mulai tumbuh virus, bakteri, atau mikroirganisme yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Sehingga penggantian air kolam sangat dibutuhkan untuk menghindari kondisi – Kondisi tersebut. Sehingga air tidak hanya terlihat bersih dari luar, tetapi juga sehat dari dalam kandungan airnya.

 

  1. Memelihara binatang pembersih

seperti ikan sapu – sapu akan sangat membantu Anda H tuk menjaga kebersihan kolam. Karena ikan sapu – sapu ini bisa memakan beberapa mikroirganisme ataupun tanaman lumut yang bisa sajahidup didalam kolam. Sehingga Anda bisa sangat terbantu dengan adanya ikan pembersih ini. Terdapat beberapa jenis ikan pembersih air lagi yang dapat Anda pilih seperti Chinese Alga Eater, Siamese Alga Eater, Otocynlus afinis, Homaloptera orthogoniata, Cory doras, Hypostomus placetomus dan sebagainya.

Demikian artikel kami tentang tips jitu dalam Menjaga kebersihan kolam ikan koi. Semoga bermanfaat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here