Tips Melatih Ikan Cupang

0
239

Tips Melatih Ikan Cupang

Tips Melatih Ikan Cupang

Tips Melatih Ikan Cupang – Seperti yang kita tahu, ikan cupang dikoleksi bukan hanya menjadi ikan hias yang mengandalkan kecantikan dan keindahan bentuk ekor dan siripnya saja. Tetapi juga bisa digunakan sebagai ikan aduan. Ikan cupang sendiri dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Jika untuk ikan cupang hias mengandalkan corak dan warna pada bagian tubuhnya, lain halnya dengan golongan ikan cupang liar. Biasanya dimanfaatkan sebagai pemberantas jentik nyamuk. Karena seperti yang kita tahu ikan cupang bisa kita beri pakan jentik nyamuk. Sehingga biasanya untuk ikan cupang liar ini biasanya akan dibiarkan hidup di bak mandi atau genangan air lainnya.

Sedangkan Ikan cupang aduan lebih dilihat dari sikap agresifnya ketika di tandingkan dengan ikan cupang lainya.

Cara mengadu agresif ikan cupang aduan juga sangat unik, caranya siapkan botol bening (biasanya menggunkan botol kaca) dan masukan satu ikan cupang di dalamnya. Lalu lakukan hal yang sama dengan botol kedua, kemudian dekatkan kedua botol tersebut sehingga saling berhadapan. Disitulah kita bisa menilai ikan cupang manakah yang lebih agresif.

Atau ada cara lain juga untuk melatih ikan cupang aduan ini, yaitu hampir sama dengan cara yang pertama. Tetapi bedanya kita tidak akan mengadunya dengan ikan cupang lain. Tetapi disisni kita bisa menggunakan cermin yang diletakkan di depan botol bening tersebut. Sehingga kita bisa melihat reaksi ikan cupang apakah dia meresponnya dengan agresif atau tidak.

Untuk lebih jelasnya berikut tips melatih ikan cupang aduan agar menjadi juara dalam pertandingan.

  1. Latihan Melawan Arus

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam latihan ikan cupang aduan adalah dengan membuatnya bergerak melawan arus. Untuk melakukan latihan ini diperlukan wadah berbentuk lingkaran yang lebar dan stik kayu atau sumpit.

Anda bisa menggunakan mangkok yang sudah di isi air. Kemudian buat arus buatan dengan memitarkan stik kayu sehingga terbentuk sebuah pusaran. Berhati-hatilah agar saat memutar air dengan stik anda tidak memukul ikan anda. Latihan ini dilakukan untuk membuat ikan bergerak melawan arus sehingga otot-ototnya akan menguat dan bisa memukul lawan dengan cepat dan keras. Latihan harus dilakukan selama lima hari berturut-turut sekitar 30 menit. Jangan langsung membuat arus yang besar, buat secara bertahap, mulai arus yang pelan hingga arus pusaran yang lebih kuat.

 

  1. Melatih Pernafasan dan Stimulasi Berkelahi

Proses ini lebih dikenal dengan istilah  jantur, yang memiliki tujuan latihan yaitu untuk meningkatkan kedua kemampuan di atas. Untuk melakukannya diperlukan toples atau wadah bening setinggi 1 meter dengan panjang sekitar 10 cm yang diisi penuh dengan air bersih dan benda berwarna hitam seperti kantung kresek yang dibentuk seperti ikan.

Kemudian letakkan cupang di dalam wadah selama 2-3 hari setiap minggunya agar pernapasannya bisa terlatih lebih kuat. Cupang yang bernafas dengan cara naik ke permukaan akan perlu bergerak lebih jauh sehingga pergerakannya secara tak langsung akan terlatih. Sementara kantung kresek akan anda gerak-gerakkan naik turun dari luar wadah untuk membuat cupang mengiranya sebagai lawan dan mengejar-ngejarnya.

 

  1. Air Dalam Piring

Jenis piring yang digunakan disini adalah piring cembung yang bisa menampung air. Latihan ini bertujuan untuk melatih pernafasan yang lebih kuat dan juga membentuk otot karena memaksa cupang mencari air. Latihan ini biasanya cukup diberikan sekali saja sekitar 2-3 hari sebelum bertanding.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melatih ikan cupang Anda agar jago dalam kompetisi ikan cupang aduan. Namun selain latihan seperti diatas Anda juga harus memilih ikan cupang berdasarkan genetika yang kuat dan sehat. Dan pemberian pakan yang benar, serta Pembersihan wadah ikan cupang juga merupakan kunci keberhasilan untuk memiliki ikan cupang aduan yang hebat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here