Tips Memberi Pakan Ikan Cupang Agar Dapat Tumbuh Dengan Cepat

0
362

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang Agar Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang Agar Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang Agar Dapat Tumbuh Dengan Cepat – ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak di pelihara di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh berukuran kecil dengan warna dan corak yang cantik serta menarik pada bagian ekor dan badannya. Disinilah bagian yang paling banyak digemari masyarakat sehingga ikan ini memiliki ciri daya tarik tersendiri.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah cara pemeliharaannya. Dan pada artikelĀ  kali ini kita akan membagi tips bagaimana cara memberi pakan ikan cupang yang baik dan benar. Sehingga ikan cupang Anda bisa tumbuh dengan cepat dan sehat. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

 

 

  1. Takaran yang pas

Seperti yang kita tahu ukuran ikan cupang sangat kecil dibanding ikan hias lainnya. Untuk itu ikan cupang tidak perlu membutuhkan makanan dengan porsi yang besar. Anda bisa menjadikan ukuran bola mata untuk takaran makanan yang Anda berikan. Usahakan besar pakan yang Anda berikan kurang lebih seukuran bola mata ikan. Sehingga bisa memudahkan ikan cupang untuk menelan makanan yang Anda berikan.

 

  1. Membersihkan sisa makanan

Masih ada kaitannya dengan tahap diatas. Jika memang ikan Anda tidak mampu menghabiskan makanan yang Anda berikan, maka Anda harus segera membersihkan sisa makanan tersebut. Karena sisa makanan tersebut bisa saja menyebarka bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan cupang dan juga zat kimia air dalam aquarium atau wadah ikan cupang.

  1. Pemberian pakan secara teratur

Pada umumnya ikan cupang mampu bertahan hidup tanpa makan kurang lebih selama dua minggu. Tetapi meskipun demikian Anda yang berminat atau sedang memelihara ikan ini jangan sampai telat memberikan makan terhadap cupang Anda. Berikan perawatan yang layak, seperti ikan hias lainnya. Berikan makan secara rutin akan membuat ikan cupang ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi makanan untuk ikan cupang tidak sulit untuk kita dapatkan. Biasanya kolektor ikan cupang akan memberikan makan pada ikan cupang dua kali dalam sehari. Tetapi Anda bisa mengurangi menjadi satu kali sehari jika ikan cupang Anda tidak terlalu banyak makan. Makanan cupang bisa berupa burayak guppy, jentik nyamuk, pelet, cacing halus dan aneka pakan ikan cupang lainnya dan bisa Anda lihat secara lengkap di artikel kami sebelumnya.

 

  1. Memberikan pakan cacing

Cacing memiliki kandungan protein dan lemak yang baik bagi ikan cupang. Cacing sendiri merupakan jenis pakan asli dari habita ikan cupang. Jadi berikan pakan berupa cacing untuk pertumbuhan ikan cupang Anda. Contoh cacing yang banyak dijual dan diperjual belikan adalah cacing darah. Banyak yang menjual cacing darah baik dalam keadaan hidup, kering, beku araupun sudah dalam bentuk gel. Jadi Anda tidak perlu repot untuk berburu cacing lagi, Anda bisa menentukan cacing mana yang akan Anda beli untung ikan cupang yang Anda pelihara.

 

  1. Pemberian serangga

Beberapa serangga yang bisa Anda berikan untuk ikan cupang Anda adalah, kutu air, jentik nyamuk, atau lalat buah. Tetapi setiap serangga yang akan Anda berikan harus menggunakan aturan tertentu. Seperti lalat misalnya, pastikan kepala lalat sudah Anda pisahkan atau Anda buang sebelum Anda memberikannya kepada ikan cupang. Sedangkan kutu air ada dua jenis yaitu Daphina SP dan Daphina Magna.

 

Untuk cupang yang berusia 3 sampai 15 hari Anda bisa memberikan burayak ini jenis kutu air Daphina SP. Sedangkan untuk ikan cupang dewasa Anda bisa memberikan ikan cupang jenis Daphina Magna untuk pakannya. Pemberian makanan berupa serangga ini memang baik, tapi jangan terlalu sering memberikannya karena bisa cukup berbahaya juga bagi kesehatan ikan cupang Anda.

 

  1. Membatasi Pemberian Pakan Kering

Pemberian makana tering dalam skala yang kering tidak baik juga bagi kesehatan terutama bagian pencernaan makanan pada ikan cupang. Makanan kering yang dimaksud bisa berupa pelet kering, flake, atau makanan ikan kering yang dibekukan.karena biasanya jenis makanan tersebut diatas biasanya ada penambahan bahan lain yang tidak bisa dicerna dengan baik.

Itulah cara pemberian pakan yang baik untuk ikan cupang. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here