Tips Memberi Pakan Ikan Cupang             

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang – ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak di pelihara di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh berukuran kecil dengan warna dan corak yang cantik serta menarik pada bagian ekor dan badannya. Disinilah bagian yang paling banyak digemari masyarakat sehingga ikan ini memiliki ciri daya tarik tersendiri.

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang

Seperti yang sudah kami tulis pada artikel sebelumnya ikan cupang dibagi menjadi 3 golongan. Yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Jika untuk ikan cupang hias mengandalkan corak dan waran apada bagian tubuhnya, lain habya dengan golongan ikan cupang aduan. Ikan cupang aduan lebih dilihat dari sikap agresifnya ketika di tandingkan dengan ikan cupang lainya.

Cara mengadu agresif ikan cupang aduan juga snagat unik, caranya siapkan botol bening (biasanya menggunkan botol kaca) dan masukan satu ikan cupang di dalamnya. Lalu lakukan hal yang sama dengan botol kedua, kemudiandekatkan kedua otol tersebut sehingga saling berhadapan. Disitulah kita bisa menilai ikan cupang manakah yang lebih agresif.

Atau ada cara lain juga untuk melatih ikan cupang aduan ini, yaitu ha,pir sama dengan cara yang pertama. Tetapi bedanya kita tidak akan mengadunya dengan ikan cupang lain. Tetapi disisni kita bisa menggunakan cermin yang diletakkan di depan botol bening tersebut. Sehingga kita bisa melihat reaksi ikan cupang apakah dia meresponnya dengan agresif atau tidak.

Sedangkan untuk ikan cupang liar biasanya dimanfaatkan sebagai pemberantas jentik nyamuk. Karena seperti yang kita tahu ikan cupang bisa kita beri pakan jentik nyamuk. Sehingga biasanya untuk ikan jcupang liar ini biasanya akan dibiarkan hidup di bak mandi atau genangan air lainnya.

Berbicara tentang pakan ikan cupang sudah kita jelaskan pula di artikel sebelumnya. Untuk artikel  kali ini kita akan membagi tips bagaimana cara memberi pakan ikan cupang yang baik dan benar. Sehingga ikan cupang Anda bisa tumbuh dengan cepat dan sehat. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

  1. Takaran yang pas

Seperti yang kita tahu ukuran ikan cupang sangat kecil dibanding ikan hias lainnya. Untuk itu ikan cupang tidak perlu membutuhkan makanan dengan porsi yang besar. Anda bisa menjadikan ukuran bola mata untuk takaran makanan yang Anda berikan. Usahakan besar pakan yang Anda berikan kurang lebih seukuran bola mata ikan. Sehingga bisa memudahkan ikan cupang untuk menelan makanan yang Anda berikan.

  1. Kurangi porsi makan

Jika kondisi ikan cupang Anda tidak bisa menghabiskan porsi makanan yang Anda berikan, maka kurangi porsi makannanya di waktu pemberian makan selanjutnya. Sebagai contoh saat Anda memberikan empat butir pelet dalam satu kali makan, namun ikan cupang Anda tidak bisa menghabiskannya, maka kurangi jumlah pelet menjadi tiga butir pada jadwal pemberian makanan berikutnya.  Sehinga tidak adalagi sisa makanan yang ditinggalkan dalam wadah ikan cupang. Karena jika meninggalkan sisa makanan, maka air pada wadah akan mudah tercemar dan berwarna  keruh. Tentu ini akan sangat mengganggu habitat ikan cupang itu sendiri.

  1. Membersihkan sisa makanan

Masih ada kaitannya dengan tahap diatas. Jika memang ikan Anda tidak mampu menghabiskan makanan yang Anda berikan, maka Anda harus segera membersihkan sisa makanan tersebut. Karena sisa makanan tersebut bisa saja menyebarka bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan cupang dan juga zat kimia air dalam aquarium atau wadah ikan cupang. Bakteri dan zat ini akan berbahaya jika secara tidak sengaja dimakan oleh ikan cupang. Untuk itu segera ambil jaring kecil saat melihat sisa makanan di wadah ikan cupang. Atau memindahkan ikan cupang ke wadah lain yang lebih bersih.

  1. Pemberian pakan secara teratur

Pada umumnya ikan cupang mampu bertahan hidup tanpa makan kurang lebih selama dua minggu. Tetapi meskipun demikian Anda yang berminat atau sedang memelihara ikan ini jangan sampai telat memberikan makan terhadap cupang Anda. Berikan perawatan yang layak, seperti ikan hias lainnya. Berikan makan secara rutin akan membuat ikan cupang ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi makanan untuk ikan cupang tidak sulit untuk kita dapatkan. Biasanya kolektor ikan cupang akan memberikan makan pada ikan cupang dua kali dalam sehari. Tetapi Anda bisa menguranginy amenjadi satu kali sehari jika ikan cupang Anda tidak terlalu banyak makan.

  1. Pemberian Makanan Yang bervariasi.

Layaknya manusia ikan cupang juga bisa merasa bosan jika Anda memberikan makanan dengan menu yang sama setiap harinya. Pemberian makanan yang sama secara terus menerus juga dapat membahayakan imun ikan itu sendiri. Untuk itu berikan jenis makanan yang berbeda pada ikan cupang. Makanan cupang bisa berupa burayak guppy, jentik nyamuk, pelet, cacing halus dan aneka pakan ikan cupang lainnya dan bisa Anda lihat secara lengkap di artikel kami sebelumnya.

  1. Memberikan pakan cacing

Cacing memiliki kandungan protein dan lemak yang baik bagi ikan cupang. Cacing sendiri merupakan jenis pakan asli dari habita ikan cupang. Jadi berikan pakan berupa cacing untuk pertumbuhan ikan cupang Anda. Contoh cacing yang banyak dijual dan diperjual belikan adalah cacing darah. Banyak yang menjual cacing darah baik dalam keadaan hidup, kering, beku araupun sudah dalam bentuk gel. Jadi Anda tidak perlu repot untuk berburu cacing lagi, Anda bisa menentukan cacing mana yang akan Anda beli untung ikan cupang yang Anda pelihara.

  1. Pemberian serangga

Beberapa serangga yang bisa Anda berikan untuk ikan cupang Anda adalah, kutu air, jentik nyamuk, atau lalat buah. Tetapi setiap serangga yang akan Anda berikan harus menggunakan aturan tertentu. Seperti lalat misalnya, pastikan kepala lalat sudah Anda pisahkan atau Anda buang sebelum Anda memberikannya kepada ikan cupang. Sedangkan kutu air ada dua jenis yaitu Daphina SP dan Daphina Magna.

Tips Memberi Pakan Ikan Cupang

Untuk cupang yang berusia 3 sampai 15 hari Anda bisa memberikan burayak ini jenis kutu air Daphina SP. Sedangkan untuk ikan cupang dewasa Anda bisa memberikan ikan cupang jenis Daphina Magna untuk pakannya. Pemberian maknan beruoa serangga ini meang baik, tapi jangan terlalu sering memberikannya karena bisa cukup berbahaya juga bagi kesehatan ikan cupang Anda.

  1. Membatasi Pemberian Pakan Kering

Pemberian makana tering dalam skala yang kering tidak baik juga bagi kesehatan terutama bagian pencernaan makanan pada ikan cupang. Makanan kering yang dimaksud bisa berupa pelet kering, flake, atau makanan ikan kering yang dibekukan.karena biasanya jenis makanan tersebut diatas biasanya ada penambahan bahan lain yang tidak bisa dicerna dengan baik. Selain itu kelembaban pada makanan kering juga patut diwaspadai. Selama masih dalam takaran yang wajar Anda bisa menggunakan makanan ini.

Setelah Anda mengetahui cara memberi pakan ikan cupang yang baik Anda juga perlu memperhatikan kondisi ikan cupang Anda. Pastikan ikan cupang selalu dalam keadaan sehat, dengan ciri – ciri sebagai berikut ini :

  1. Bergerak dengan lincah

Ikan cupang termasuk dalam katagori ikan hias yang aktif. Jika dalam keadaan sehat ikan ini bisa bergerak atau berenang dengan cepat dan cenderung terlihat lincah. Jika Anda rasa pergerakannya mulai lambat dan lebih serang terdiam berarti kondisi ikan cupang Anda sedang tidak baik – baik saja.

  1. Memiliki warna yang tidak pucat

Warna pada tubuh ikan cupang adalah bagian terpenting dari ikan hias ini. Ikan cupang yang memiliki warna yang cerah, menandakan bahwa ikan ini sedang dalam kondisi prima. Namun sebaliknya jika warna ikan terlihat memudar dan cenderung pucat maka Anda harus segera memberikan perawatan ekstra untuk ikan cupang kesayangan Anda.

  1. Merespon lawan ikan cupang lainnya

Jenis ikan cupang aduan memang memiliki sifat yang agresif jika bertemu atau diadu dengan ikan cupang lainnya. Biasanya ditandai dengan cara mengibar-ngibarkan ekornya dan beberapa kali berenang mendekati lawannya. Sehingga jika ikan cupang Anda terlihat kurang memberikan respon pada ikan cupang lainnya berarti ikan Anda sedang mengalami masalah kesehatan dalam dirinya. Atau bisa juga ikan cupang sedang dalam kondisi stres atau depresi.

  1. Tidak ada noda dan jamur pada bagian tubuh ikan

Berhubungan dengan poin yang kedua, Anda dapat melihat kondisi kesehatan ikan cupang Anda dari penampilan ikan terutama pada bagian tubuhnya. Seperti yang kami jelaskan, ikan cupang cenderung mengkonsumsi makanan yang kurang steril, layaknya hewan peliharaan lainnya. Oleh sebab itu sisa makanan yang ditinggalkan dan tidak bisa dihabiskan oleh ikan cupang bisa menyebarkan bakteri dan jamur bagi ikan cupang. Anda harus sering memastikan kondisi air dalam wadah ikan cupang dalam keadaan bersih. Sehingga ikan cupang Anda juga tidak akan ada noda ataupun jamur pada bagian tubuhnya. Dan dapat dipastikan kondisi ikan cupang Anda sehat.

Memelihara ikan cupang memang terlihat gampang, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Khususnya beberapa catatan dari kami diatas. Jika kondisi ikan cupang Anda baik, maka banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Mengingat ikan cupang ini memiliki beberapa keunggulan seperti bisa membantu Anda dalam kompetensi kejuaraan ikan hias baik yang diadu ataupun yang dinilai dari kecantikan ekor dan bentuk ikan ini. ANDA JUGA BISA MENGEMBANGBIAKAN ikan cupang ini dan menjualnya kembali dengan untung yang lebih. Tentunya sarat utama yang harus Anda penuhi adalah kondisi ikan cupang dalam keadaan sehat.

Demikianlah informasi mengenai tips memberikan pakan pada ikan cupang. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat ikan cupang yang Anda pelihara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here