Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

0
161

Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium – Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika ikan arwana termasuk dalam golongan ikan yang memiliki harga yang mahal. Ikan ini memiliki wujud yang sangat indah. Maka tak heran jika ikan ini menjadi jenis ikan hias yang banyak digemari oleh kalangan pecinta ikan hias. Untuk memelihara ikan arapaima ini tidak bisa sembarangan, maka dari itu kami akan membagikan tips jitu dalam memelihara ikan arwana seperti dibawah ini :

  1. Mempersiapkan aquariu

Ikan Arwana banyak dipelihara pada aquarium baik saat masih anakan ataupun hingga usia lebih dewasa. Karena ikan arwana daoat tumbuh dalam ukuran yang lumayan besar maka dibutuhkan ukuran aquarium yang besar agar ikan ini dapat tumbuh maksimal dan memiliki ruang gerak yang cukup. Ukuran Aquarium  Ikan Arwana minimal tiga kali dari panjang tubuh ikan dari bibir hingga sirip belakang dengan lebar Aquarium  1,5 kali  panjang ikan. Perhitungannya ikan arwana bisa tumbuh melebihi 80 cm, maka minimal ukuran aquarium yang digunakan memiliki ukuran 200cm x 100cm x 75cm dan memiliki ketebalan 30mm.

  1. Kondisi Air Aquarium

Air pada Aquarium  Ikan Arwana haruslah bersih karena akan mengandung larutan oksigen yang membuat ikan nyaman berenang dalam Aquarium . Warna dari air sehat yaitu bening tak berwarna dan tak berbau. Yang terpenting adalah air tersebut adalah air tawar.

  1. Pemilihan anakan ikan arwana

Pada umumnya ukuran anakan ikan arwana normal yang biasanya dijual di pasaran yaitu 10-12 cm. Pastikan anakan ikan dalam kondisi sehat dan dapat berperilaku aktif. Cara mengujinya dapat dilakukan dengan  memberikan makanan pada ikan tersebut, lalu perhatikan bagaimana reaksi dari ikan tersebut apakah mengejar dan melahap makanan tersebut atau tidak. Jenis varietas Ikan Arwana yang terbaik biasanya adalah  jenis Super Red atau Golden red. Namun bagi pemula, Anda bisa mencoba memilih  jenis Arwana Pino (green arwana) atau Arwana brazil (Silver) yang memiliki harga cukup terjangkau.

  1. Perlakuan dalam aquarium

Saat awal membeli ikan arwana jangan langsung memasukkan ya dalam aquarium. Ada lebih baiknya campuran sedikit demi sedikit air dari aquarium ke dalam wadah ikan arwana yang Anda beli. Setelah ikan terlihat nyaman maka masukan dalam aquarium secara perlahan. Jangan lupa untuk memeriksa. Tutup pada aquarium karena ikan arwana yang sehat sangat aktif dan gesit sehingga bisa melompat keluar dari dalam aquarium. Namun jangan lupa memberi vela sebagai ruang untuk keluar masuknya udara.

  1. Penempatan Aquarium

 

Di awal pemeliharaan, jangan letakkan Aquarium  di tempat yang sering dilalui orang. Karena ikan membutuhkan suasana yang tenang dan aman dari segala gangguan. Biasanya ikan akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dari gerakan maupun suara dalam lebih kurang satu minggu. Setelahnya, ketika ikan berenang kesana kemari dari bagian yang tertutup kertas, maka kamu bisa melepaskan bagian penutup untuk bersembunyi.

  1. Menjaga Kebersihan Aquarium

Menjaga kebersihan aquarium dapat dilakukan dengan menggunakan jaring atau penyedia aquarium. Lakukan secara perlahan agar tidak mengganggu Ikan Arwana. Lakukan lembvamtian air jika sudah terlihat berbau atau banyak sedimen pada dasar Aquarium. Untuk penggantian air baru sebaiknya didiamkan dahulu selama satu hari. Menggantinya juga secara bertahap dengan mengganti  20 persen kemudian 50 persen ,

  1. Pemberian Pakan

Pemberian makanan ikan arwana dapat dilakukan satu hari setelah menempati lingkungan baru. Selanjutnya beri makan dua kali sehari pagi dan sore secukupnya. Pastikan makanan habis dan tak mengendap karena bisa menimbulkan sumber penyakit. Tambahkan porsi dari makanan seiring tumbuh berkembangnya ukuran tubuh Ikan Arwana Aquarium. Jenis pakan yang bisa diberikan adalah jangkrik. Dapat pula memberi makan menu lain seperti lipan, cicak, kecoa dan ikan kecil. Lipan memiliki khasiat dalam memperindah sisiknya, namun jangan terlalu sering karena akan membuat Ikan Arwana nyaman pada satu jenis makan saja.

Dalam penggunaan pakan hidup, sebaiknya buang dahulu bagian tubuh pakan yang dapat melukai tubuh maupun mulut dari Ikan Arwana Aquarium . Seperti kaki, tanduk, duri kepala udang maupun kaki.

Itulah beberapa tips dalam memelihara ikan arwana di dalam aquarium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here