Tips Memilih Ikan Hias Air Tawar Jenis Koi Super

0
61

Tips Memilih Ikan Hias Air Tawar Jenis Koi Super

Tips Memilih Ikan Hias Air Tawar Jenis Koi Super

Tips Memilih Ikan Hias Air Tawar Jenis Koi Super – Memiliki hobi seperti memelihara ikan koi adalah suatu usaha untuk memperindah lingkungan disekitar rumah. Warna dan corak yang menarik dari ikan koi bisa menambah keindahan tersendiri. Membuat lingkungan disekitarnya terasa lebih hidup. Namun selama melakukan pemeliharaan dan perawatan pada ikan koi akan sering muncul berbagai kendala atau munculnya beberapa permasalahan yang salah satunya adalah kondisi kolam ikan koi yang berbusa. Hal ini biasanya disebabkan oleh sisa pemberian pakan yang tidak habis, penyebaran garam dalam kolam yang berlebih, dan kandungan CO2 yang tinggi.

Lalu Siapa yang tidak ingin memiliki ikan koi dengan kualitas super?  Selain kondisi fisik yang lebih baik dan ukuran yang lebih besar meskipun memiliki harga yang lebih tinggi namun dapat kami pastikan harga yang Anda keluarkan akan sangat sepadan dengan ikan koi super yang akan Anda dapatkan.

Untuk itu dalam memilih ikan koi super ada tiga hal yang harus Anda perhatikan. Dan berikut ini kami merangkumnya dalam  ringkasan seperti di bawah ini :

  1. Bentuk Tubuh
  • Saat membeli ikan koi memang yang paling terlihat pertama kali adalah bentuk tubuhnya. Anda harus bisa memilih ikan koi dengan bentuk ideal. Dengan memperhatikan perbandingan antara tinggi tubuh dan panjang tubuh skala pembanding yang biasa di gunakan adalah 1 : 2.
  • Anda juga bisa memilih ikan koi yang memiliki bentuk tubuh bulat dan memanjang dalam artian tidak terlihat gemuk.
  • Garis punggung pada ikan terlihat garis yang lurus dan tidak melengkung jika Anda melihatnya dari atas.
  • Anda harus memilih ikan koi yang berenang dengan tenang dan seimbang
  • Memiliki posisi sirip kanan dan kiri yang seimbang..
  • Sirip dada dan sirip perut harus sama besar. Sementara itu, ukuran sirip punggung dan sirip ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh.
  1. Warna dan Pola
  • Dalam memilih ikan koi yang perlu Anda perhatikan adalah warn ikan koi tersebut. Pilihlah warna dasar ikan yang kontras dan mencolok.
  • Perhatikan juga corak warnanya, pastikan corak berwarna mencolok dan terang.
  • Pertemuan antara warna merah dan putih harus berbatas tajam, tidak ada gradasi atau bayangan warna merah. Terjadinya gradasi warna sering dijumpai pada koi lokal.

 

  1. Kesehatan
    • Kondisi kesehatan ikan bisa kita lihat dari cara geraknya. Jangan memilih ikan yang terlihat bergerak secara lamban dan lesu. Ikan koi dengan kondisi yang baik memiliki pergerakan yang cepat dan gesit.
    • Jika Anda melihat adanya gerakan yang cepat pada insang bisa jadi ikan koi tersebut sedang mengalami kesulitan dalam bernapas. Atau bisa dibilang sedang dalam kondisi tidak sehat.
    • Demikian juga kondisi sirip yang tegak menggambarkan ikan dalam kondisi sehat dan baik, sebaliknya jika sirip terlihat terkulai berarti ikan tersebut sedang tidak sehat.
    • Kebiasaan koi yang menyendiri dan menghindar dari gerombolan juga bisa menjadi indikasi bahwa koi sedang tidak sehat.

Itulah beberapa cara agar ikan koi Anda bisa tumbuh dengan baik, dan sehat. Yang biasa kita sebut sebagai ikan koi super. Semoga dari artikel ini bisa membantu Anda dalam memelihara dan menghasilkan ikan koi dengan kondisi kesehatan yang baik. Sehingga koleksi ikan koi Anda bisa berkembang biak dengan baik, dan bertambah banyak. Selamat mencoba, semoga berhasil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here