Tips Merawat Dan Memelihara Ikan Bala Shark

0
935
Ikan Bala Shark

Tips Merawat Dan Memelihara Ikan Bala Shark

Tips Merawat Dan Memelihara Ikan Bala Shark

Tips Merawat Dan Memelihara Ikan Bala Shark – Mendengar namanya mungkin akan sedikit merinding, namun nyatanya ikan bala shark tidak terlalu menyeramkan layaknya jenis ikan hiu yang biasa kita ketahui. Ikan bala shark juga biasa dikenal dengan beberapa sebutan seperti ikan hiu, balasak, hiu bala, hiu tricolor, hiu perak atau silver shark, dan sharkminnow tricolor.

Untuk di Indonesia sendiri ikan ini juga memiliki sebutan yang berbeda-beda pada masaing-masing daerah. Seperti ikan Puntung Kanyut, untuk di daerah Sumatera sedangkan di daerah Jambi ikan ini disebut dengan ikan Ridik Angus, dan di daerah Kalimantan Barat ikan ini disebut dengan Ketutung.

Spesies ikan ini masuk dalam famili Cyprinidae dan juga merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos yang sangat mirip dengan hiu sungguhan. Ikan ini dijuluki ikan hiu karena bentuk tubuh ikan ini layaknya tirpedo dengan sirip yang berukuran besar.

Jika ikan hiu bias aya bersifat agresif, sebaliknya ikan ini justru bersifat sangat ramah dan dapat bersahabat dengan berbagai jenis ikan tropis.

Untuk merawat ikan Bala shark ini sangat memerlukan ketelitian dan ketelatenan. Sehingga ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan. Berikut ini adalah tips dalam merawat dan memelihara ikan bala shark agar bisa memiliki umur yang panjang :

  1. Menyiapkan aquarium dengan ukuran yang ideal. Yaitu aquarium tidak boleh berukuran dibawah 150 cm. Karena jika kurang maka pertumbuhan ikan akan mengecil dan ikan bala shark tidak bisa memiliki umur yang panjang.
  2. Buatkan tempat untuk ikan bala shark agar bisa bersembunyi. Karena ikan ini memiliki karakter yang mudah kaget sehingga akan lebih sering tertekan dengan lingkungan barunya.
  3. Jangan terlalu banyak memberikan dekorasi atau aksesoris pada aquarium, agar tetap ada ruang gerak bagi ikan bala shark.
  4. Pastikan kadar pH air 6.0 – 8.0, kekerasan air 5.0 – 12.0 dGH, dan suku air antara 22 – 28 derajat Celcius. Perbarui air aktifnya sekitar 30 – 40% setiap seminggu sekali.
  5. Untuk meningkatkan nafsu makan ikan ini bisa dengan cara menaikkan suhu akuarium 2 sampai 3 derajat Celcius.
  6. Pasang tutup pada aquarium, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi gerakan ikan yang aktif dan suka melompat.
  7. Untuk pemberian pakan, pilihan makanan yang dapat mengambang, sebab ikan ini akan menjemput makanannya di lapisan air atas dan ikan ini tidak bersemangat jika mereka menyantap makanan yang ada di dasar akuarium.
  8. Jangan Memberikan pakan berupa cacing darah, karena ikan ini sulit mencerna cangkang chitinousnya yang dapat menyebabkan rusaknya sistem pencernaan ikan hiu bala.
  9. Atur porsi banyaknya porsi makanan untuk ikan ini. Jangan kekurangan dan jangan pula sampai kelebihan makanan. Karena dapat mengganggu kelangsungan ikan bala shark.
  10. Jika ingin memasukkan ikan jenis lainnya pada aquarium bala shark, usahakan memiliki ukuran yang sepadan dengan ukuran ikan bala shark yang Anda miliki. Jangan terlalu besar atau kecil dari ukuran Ikan bala shark. Beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa menjadi teman satu aquarium ikan bala shark adalah ikan guppy, ikan neon tetra, ikan harlequin rasbora, dan ikan kecil lainnya.

Itulah artikel kami mengenai bagaimana cara yang tepat untuk merawat dan memelihara ikan bala shark sehingga memiliki umur yang panjang. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi para pecinta ikan hias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here