Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Ikan Koi

0
955
Media Filter Chamber Kolam Ikan Koi

Zonaikan.com – Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Ikan Koi, Apabila Anda memiliki sebuah kolam ikan hias koi dengan air yang bening maka Anda sudah seharusnya berbangga dan trial anda error.

Namun sebaliknya, jika air dalam kolam budidaya Anda terbilang kotor dan tidak sehat, maka pembahasan yang kami sampaikan kali ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda semua.

Kolam Koi MinimalisSebelumnya perlu diketahui bahwa sistem penyaringan (filtrasi) air kolam ikan koi memiliki peran yang cukup penting dalam dunia ikan koi. Bahkan filter bisa dibilang merupakan nyawa dari kehidupan kolam budidaya yang dapat mendukung tumbuh dan berkembangnya ikan yang kita budidaya.

Jika harga pembuatan kolam budidaya sangat mahal, namun jika sistem penyaringan atau filternya tidak diatur dengan baik dan benar sesuai kaidah proses alam, maka dapat dipastikan ikan koi yang dibudidaya nantinya tidak akan bisa tumbuh menjadi ikan koi yang berkualitas.

Begitu juga sebaliknya, ikan koi yang sudah dibeli dengan harga mahal dan kualitas bagus maka kulitasnya akan menjadi turun. Ini dikarenakan kualitas filter yang tidak bisa bekerja secara optimal.

Dengan demikian nantinya akan memberikan hasil akhir berupa air kolam budidaya yang sangat kotor dan tentunya menjadi sarang berbagai penyakit, alih-alih budidaya ikan koi dengan baik dan benar, yang ada malah Anda memelihara kutu dan jamur.

Kebersihan dan kesehatan air dalam kolam budidaya sudah menjadi faktor penting bagi kolam ikan koi.

Lalu sebenarnya apa tujuan kita memelihara ikan hias koi? Tentunya karena ikan koi memiliki tampilan yang sangat cantik dan bisa dikombinasikan dengan kolam sehingga bisa membuat hunian rumah menjadi sejuk.

Hal tersebut tentunya akan semakin indah lagi jika ikan ikan koi yang dipelihara dalam kolam terlihat sehat dan berkembang dengan baik karena didukung dengan adanya air kolam yang bersih dan sehat.

Selama ini banyak sekali penghobi koi yang bingung dan frustasi karena air kolam budidaya koi sering keruh, dan kotor.

Bahkan lebih parahnya lagi air kolam ikan koi seringkali mengeluarkan bau anyir dan kurang sedap.

Baca Juga : Mengenal Ikan Koi Lebih Lengkap

Nah, dari situ bisa kita lihat bahwa media filter tidak bisa secara optimal sebagai pendukung yang memiliki peran sangat penting untuk selalu menjaga kualitas air kolam ikan hias koi.

Air kolam ikan yang bersih dan sehat tentu tidak instan, maka dari itu untuk bisa mendapatkan kualitas air kolam budidaya yang bersih dan sehat sebenarnya bukan hanya sistem penyaringan (filter) saja yang menjadi faktornya.

Beberapa Peran dan Fungsi Dari Lingkuran Sekitar Terkait Kolam Ikan Koi

Namun masih ada beberapa peran dan fungsi dari lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi, yakni sebagai berikut:

Kolam yang Anda miliki apakah termasuk jenis kolam outdoor atau indoor? Kolam indoor tentunya tidak akan mudah terserang penyakit, tetapi jika merupakan kolam outdoor akan mudah sekali terserang penyakit entah itu berupa jamur atau kutu ikan.

Bagaimanakah konstruksi dari bottom drain, diffusser serta kemiringan dasar kolam Anda? Untuk dasar kolam ikan koi sangat disarankan untuk memakai model cekung ke arah diffuser dan bottom drain.

Hal tersebut dikarenakan pipa bottom drain nantinya bisa bekerja secara maksimal dalam menyedot aliran air dan juga kotoran ikan yang terdapat dalam kolam ikan koi.

Pemakaian jumlah bottom drain sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran kolam ikan koi, khusus untuk model cekung dasar kolam memiliki tujuan supaya kotoran ikan koi bisa turun langsung sehingga akan tersedot bersama air dengan melalui pipa bottom drain ke chamber yang pertama.

Baca Juga : Cara Perawatan Ikan Koi Yang Benar

Lalu bagaimana instalasi pipa serta penggunaan pipa? Pipa entah itu untuk bottom drain, pipa yang digunakan antar chamber ataupun pipa sirkulasi output yang dapat menghubungkan chamber filter menuju ke kolam utama harus kita sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran kolam ikan, kapasitas mesin pompa yang ingin digunakan, dan juga pipa jalur backwash.

Selanjutnya bagaimanakah desain pembuatan serta alur dari fungsi chamber media filter agar bisa pas dengan kebutuhan kolam? Jawabannya harus sesuai dengan kaidah yang akan kami ulas berikut ini.

Kegunaan Filter Kolam Ikan Koi

Filter (media filter) disini memiliki fungsi dan peran utama untuk dapat memberikan pasokan air yang bersih dan sehat pada kolam ikan koi sehingga nantinya bisa berguna untuk habitat ikan koi.

Perlu diingat bahwa air yang bersih belum pasti sehat, namun air bersih dan sehat lah yang akan selalu dibutuhkan ikan hias koi agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika misalnya kebutuhan air yang bersih dan sehat dalam ikan koi tidak bisa terpenuhi dengan baik maka akan menimbulkan penyakit sebagai berikut:

Filter aquaeium

  • Penyakit yang menyerang tubuh ikan hias koi yang menyebabkan warna ikan hias koi menjadi pudar dan kurang menarik.
  • Penyakit yang menyerang badan ikan hias koi yang bisa menyebabkan koi tidak mampu berkembang dengan baik dan jumbo.
  • Penyakit yang menyerang badan ikan hias koi yang menyebabkan ikan mati yang bermula dari kedua penyebab yang kami sampaikan diatas ditambah dengan media filter yang tidak bisa bekerja secara optimal sehingga kotoran ikan hias koi perlahan berubah menjadi racun yang sangat berbahaya bagi ikan itu sendiri.

Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Ikan Koi 

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas bagimana fungsi dan juga peran utama filter dalam kolam ikan koi. Nah, disini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai kegunaan media filter bagi kolam ikan koi:

Kegunaan media filter bagi kolam ikan koi

1. Filter Mekanis

Filter mekanis adalah sebuah filter yang memiliki fungsi utama untuk menyaring kotoran padat entah itu sisa-sisa pakan, kotoran ikan, ataupun partikel lain yang telah masuk dalam kolam ikan koi. Media filter dalam halini bisa berupa screen (saringan), sikat (brush), dan juga japmat atau sponge alias spone.

Media Filter Chamber Kolam Ikan Koi

2. Filter Biologis

Filter biologis adalah sebuah filter yang memiliki peran penting dalam menguraikan kotoran-kotoran lembut dari hasil filtrasi pertama dalam bentuk zat amoniak yang berasal dari kotoran koi serta sisa-sisa makanan yang memiliki kandungan zat berbahaya dan beracun bagi kelangsungan hidup ikan.

Dengan adanya filter biologis ini, maka zat berbahaya tersebut akan menjadi nitrat yang aman dan bahkan juga berguna bagi pertumbuhan tanaman air.

Media filter nya bisa berupa bioball, susunan japmat, bioring, lavarock, batu apung, dan lainnya yang mempunyai bidang permukaan cukup luas untuk dijadikan sebagai tempat hidup bakteri nitrobacter dan nitrosomonas yang memiliki peran penting dalam proses penguraian kotoran-kotoran koi.

3. Filter Kimiawi

Filter kimiawi memiliki peran dan fungsi utama untuk menyaring semua kotoran dan partikel-partikel yang sulit disaring secara biologis dan mekanis dari filtrasi yang sebelumnya.

Media filter nya bisa dalam bentuk batu zeolith yang mampu mengikat nitrit yang masih tersisa, karbon aktif yang berguna untuk menyerap bau dan warna coklat langsung dari air, kulit kerang atau karang jahe (oyster) yang bisa memiliki peran sebagai PH buffer kolam.

4. Filter Khusus

Filter khusus adalah sebuah filter yang memiliki peran penting dalam menyaring suatu zat dan senyawa-senyawa tertentu yang berbahaya supaya tidak bisa masuk ke dalam kolam. Selain itu, filter ini juga berguna untuk mengkondisikan situasi tertentu supaya air dalam kolam selalu terjaga kesehatannya.

Adapun contoh dari media filternya disini adalah lampu ultraviolet (UV) yang bisa digunakan untuk membunuh jentik nyamuk dan alga. Dengan demikian maka air akan selalu steril dan jernih sehingga tidak akan berubah menjadi hijau atau kecoklatan.

Baca Juga : Penyebab Ikan Koi Mati dan Pencegahannya

Semua media filter yang kami jelaskan diatas bisa diletakkan dalam skat kotak dengan ukuran lebih kecil dari kolam budidaya atau orang-orang biasa menyebutnya dengan Kotak Chamber.

Skat antar chamber seharusnya menggunakan model overflow dari granit atau keramik yang dimana susunannya adalah naik turun. Hindari untuk menggunakan bahan dari acrylic karena sudah pasti tidak akan mampu untuk menahan beban air yang berasal dari bottom drain.

Selain itu, hindari juga untuk menggunakan dinding skat antar chamber karena nantinya akan membutuhkan banyak ruang chamber sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi kapasitas media chamber.

media filter kolam koi
media filter kolam koi dari filterkolamkoi.com

Chamber sudah seharusnya disusun dalam satu arah aliran air mulai dari waterfall (air terjuan) atau airlift hingga sampai bottom drain menuju chamber.

Sementara itu, untuk ukuran luas dan kebutuhan dimensi dari chamber filter harus memakai pedoman rule of third, yakni sekitar 30% dari volume secara menyeluruh ikan koi dan minimal 50% dari jumlah total volume chamber filter yaitu chamber yang menggunakan media filter. Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Ikan Koi.

Baca Juga : 7 Cara Memilih Ikan Koi Yang Bagus

Jadi pada prinsipnya, semakin besar volume yang dimiliki chamber filter maka akan semakin baik dan bisa menghasilkan air kolam ikan koi yang bersih dan sehat.

Dari beberapa media filter yang kami jelaskan diatas, filter biologis lah yang memiliki peran paling penting. Keberhasilan dalam sistem filtrasi kolam ikan hias koi sebenarnya sangat ditentukan oleh efektibitas dari filter biologis.

Maka dari itu, untuk dimensi filter biologis sangat disarankan untuk mempunyai volume chamber yang jauh lebih besar daripada filter kimiawi, filter mekanis, atau bahkan filter khusus.

Demikian ulasan dari kami tentang Urutan Media Filter Di Chamber Kolam Ikan Koi semoga bermanfaat ya untuk sobat zona ikan yang ingin merawat ikan koi di kolam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here