Waw, Ikan Chana di Pameran Ini Tembus Rp60 Juta

0
59

Zonaikan.com – Selain dikenal menjadi asal protein tinggi, ikan gabus (Channa Striata) juga banyak dijadikan hewan peliharaan. Corak warnan dan motif unik pada tubuhnya berakibat alasan ikan tadi digemari.

Di Kota Tangerang pada pameran yang memperebutkan piala kingdom Channa Maru Tangerang (CMT) Minggu 14 Maret 2021 pada Metropolis Mall, ikan tadi berhasil menarik perhatian publik.

Tak tanggung tanggung, harga yang dibandrol ikan air tawar ini tembus mencapai Rp 60 juta per ekornya. Ikan gabus yang dijadikan ikan hias ini merupakan yang mempunyai rona tidak sinkron dan sisik yang manis menggunakan rona bintik-bintik menarik jadikan ikan gabus berharga mahal.

Samy Rafsanjani, Admin dalam Channa Maru Tangerang menjelaskan, penyebab mahalnya ikan tadi lantaran perawatannya yang spesial, rona bintik manis dan mempunyai mental predator yg baik.

“Channa Maru yang paling mahal yang terdapat pada kontes ini seharga Rp60 juta, berdari menurut Kepulauan Kalimantan & Sumatra Utara,” istilah Samy, pada lokasi. Bahkan, istilah Dia ikan hias gabus berdari lokal Indonesia tidak kalah mahal menggunakan Channa menurut luar Indonesia misalnya menurut negara Vietnam, Thailand & India.

Nama Ikan Gabus Hias ini diantaranya Yellow, Sentarum, Red Borneo, Asiatica, Auranti, Blue Pulcra. “Bibit-bibit lokal pada pameran yang digelar perdana dimasa pandemi Covid-19 ketika ini mulai menurut harga Rp30Ribu dan yang bibit paling mahal senilai Rp4juta,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung, Akmal berdari Kota Tangerang mengungkapkan menggunakan adanya pameran dan kontes ikan hias jenis predator ini mampu sebagai surat keterangan bagi para pecinta Channa.

“Buat nambah koleksi, tersebut aku beli Channa Argus, bibitnya seharga Rp.300ribu,” tukasnya Minat memelihara dan membiakkan ikan cupang relatif melesat ketika pandemi Covid-19.

Hal itu menciptakan jumlah penjual ikan cupang semakin banyak, harga jual ikan cupang pun semakin tinggi. Meski begitu, pada tengah keramaian tren memelihara cupang, ikan lainnya juga timbul seolah menaruh pilihan bagi orang-orang yang menyenangi ikan predator air tawar.

Bagi Anda yang kurang tertarik menggunakan cupang, mungkin ikan channa mampu memikat hatimu buat dijadikan fauna peliharaan pada rumah. Channa adalah nama keluarga buat ikan gabus, ya nama ikan yang biasa tersaji menjadi santapan sebagian orang.

Istilah channa merujuk dalam nama ilmiah family Channidae. Sama misalnya cupang, ikan chana juga bersifat teritorial dan menyerang sesama jenis yang masuk ke wilayahnya.
Oleh lantaran itu, ikan channa biasanya dipelihara sendirian pada satu akuarium. Ikan channa dikenal menjadi snakehead emperor alias kaisar ketua ular karna bentuk kepalanya menyerupai ular.

Penyebaran ikan channa

Sejauh ini dikatakan bahwa ikan channa mempunyai 50-an spesies yang beredar pada Asia sampai Afrika.

Penyebaran Ikan ChannaGenus tadi mempunyai persebaran alam yang luas yang membentang dari Irak pada barat, sampai Indonesia dan Cina pada timur, dan sebagian Siberia pada Timur jauh.
Kekayaan spesies yang sangat tinggi masih ada pada Myanmar (Burma) dan India, banyak spesies Channa tidak hidup pada loka lain.

Mudah dirawat

Bagi pecinta ikan air tawar, ikan channa sebagai keliru satu pilihan buat mengisi akuarium terlihat lezat dipandang.

Merawat Ikan Channa

Memelihara ikan channa dipercaya lebih mudah, tidak seribet ikan hias lainnya. Ikan channa mampu hidup pada air yang minim oksigen, sebagai akibatnya tidak memerlukan instalasi aerator atau penambah oksigen pada akuarium.

Beberapa jenis ikan channa

Yellow sentarum, red sampit, channa asiatica dan strip merah merupakan beberapa nama jenis ikan channa pada Indonesia. Di luar Indonesia terdapat ikan channa stewartii kalikhola, andrao, auranti, sampai bleheri.

Jenis Ikan ChannaSelanjutnya terdapat ikan channa red blue pulchra, dan blue pulchra menurut Vietnam, hingga asiatica red strip menurut Cina, yang mana adalah beberapa jenis ikan canna impor yg relatif banyak diminati.

Ikan channa impor biasanya memiliki motif dan rona tidak sinkron, dan bar pada tubuhnya yang lebih cerah bila dibanding ikan channa lokal. Selain itu, ikan chana impor juga mempunyai dorsal atau sisi punggung yang relatif tinggi. Titik hitam dalam tubuhnya juga Iebih terlihat.

Keunikan tadi menciptakan ikan channa impor banyak diburu penghobi ikan predator airtawar meski mempunyai harga yang Iebih mahal bila dibandingkan channa lokal.
Harga beberapa jenis ikan channa Untuk harga ikan channa lokal, misalnya anakan yellow sentarum berukuran 5-6 centimeter dibanderol kisaran Rp 30.000 – Rp 45.000 per ekor.

Sementara itu, harga ikan channa impor misalnya jenis pulchra berukuran 5-6 centimeter dijual Rp 50.000 per ekor. Semakin akbar berukuran ikan channa tentu semakin tingga harga yang dijual, terlebih mempunyai penampilan ikan cantik dan punya mental berani, harganya mampu mencapai puluhan juta.

Beberapa ketika ke belakang, memelihara ikan channa mulai sebagai tren pada kalangan penggemar ikan hias, khususnya ikan air tawar.

Lantaran imbas media sosial, ikan channa banyak dicari dan dipelihara dan dibiakkan. Diketahui jika komunitas ikan channa telah terdapat ribuan lebih yang beredar pada aneka macam penjuru Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here