Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

0
69

Zonaikan.com – Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya. Seperti yang diketahui bahwa tekanan air laut selalu bertambah terhadap kedalaman air laut. Kedalam air laut pada umumnya diukur dengan menggunakan sebuah alat yang disebut sebagai CTD (Conductivity, Temperature, Depth) atau echo sounder.

Sedangkan untuk kedalaman yang dapat diukur dengan menggunakan CTD (Conductivity, Temperature, Dept) adalah berdasarkan pada harga tekanan. Perlu diketahui bahwa zona laut berdasarkan kedalamannya terbagi dalam 4 zona.

Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai zona-zona laut tersebut:

zona laut

Zona Litoral

Zina Litoral adalah wilayah yang berada di antara garis pasang dengan garis surut air laut. Ketika air laut mulai surut maka wilayah ini akan menjadi kering, namun jika air laut mengalami pasang maka akan menjadi tergenang.
Zona ini umumnya berada di wilayah-wilayah yang tertentu, terutama di wilayah yang mempunyai pantai landai.

Zona Neiritik

Zona Neiritik merupakan wilayah dasar laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter dari bagian permukaan air laut. Adapun contohnya adalah peraira laut dangkal yang berada di Paparan Sahul dan Paparan Sunda di perairan Indonesia, Seperti Laut Arafu, Laut Jawa, dan Selat Sunda.

Zona Batial

Zona laut berdasarkan kedalamannya yang selanjutnya adalah Zona Batial. Zona ini merupakan wilayah perairan laut yang mempunyai kedalaman sekitar 200 meter sampai dengan 1.800 meter.

Sinar matahari bahkan sudah tidak mampu menembus zona yang satu ini. Hal ini membuat tumbuhan mulai berkurang, tetapi untuk binatang masih banyak dijumpai di zona ini.

Zona Abisal

Zona Abisal merupakan wilayah perairan laut yang mempunyai kedalaman sekitar 1.800 meter. Adapun contoh dari Zona Abisal adalah Palung Laut Mindanao (10.830 meter) dan Palung Laut Banda (7.440 meter).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang zona laut berdasarkan kedalamannya. Semoga apa yang sudah kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan menambah sedikit wawasan bagi Anda semua. Terima kasih, sampai jumpa kembali di pembahasan menarik yang selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here